SOLOPOS.COM - SPG XL Axiata menunjukan kartu perdana saat peluncuran XL 4G LTE di Surabaya, Selasa (22/9/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Akses Internet cepat dibuat duet XL Axiata dan Ericsson.

Solopos.com, JAKARTA – Kecepatan Internet 4G terus digeber oleh sejumlah operator seluler. Kali ini, XL Axiata bekerjasama dengan Ericsson berhasil membuat Internet 4G dengan kecepatan hingga 300 Mbps.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dua pengembang ini memadukan jaringan 4G dengan akses WiFi. Akses internet super cepat ini bisa terwujud jika keduanya sukses mengimplementasikan penggabungan teknologi Long Term Evolution (LTE) yang ada di 4G dengan License Assisted Access (LAA) yang ada di WiFi.

Penggabungan tersebut bakal menghadirkan jaringan 4G LTE-Advance LAA yang bisa mengakomodir kecepatan internet hingga 300 Mbps. Angka tersebut meningkat dua kali lipat dari kecepatan jaringan LTE tunggal yang maksimal hanya mencapai 150 Mbps.

Menurut Chief Service Management Officer XL Yessie D. Yosetya, uji coba penerapan teknologi teranyar tersebut bertujuan memenuhi semua kebutuhan digital pengguna. Apalagi, saat ini tren penggunaan internet semakin mengarah ke layanan video yang membutuhkan akses internet cepat.

“Layanan internet super cepat ini akan menjadi sarana ke berbagai layanan data secara prima. Terutama untuk akses layanan video berkapasitas besar,” kata Yessie di kantornya, Grha XL, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (6/11/2015).

Perlu diketahui, LTE-Advance LAA bisa dihadirkan dengan menggabungkan frekuensi yang dimiliki operator (licensed), yakni pada band 900 MHz, 1800 MHz serta 2100 MHz, dengan frekuensi bebas (unlicensed) di 5 GHz.

Frekuensi unlicensed sendiri selama ini kerap dimanfaatkan untuk layanan WiFi di berbagai tempat. Baik untuk cafe-cafe maupun fasilitas publik lainnya.

“Network dibuat pintar. Apabila ada trafik WiFi yang besar, dia akan menurunkan spektrum. Jika tak ada penggunaan WiFi, baru digenjot pemakaian spektrumnya,” kata Yessie.

Ketersediaan BTS yang mendukung LTE-LAA disediakan oleh Ericsson. Komersialisasinya dijadwalkan siap pada kuartal pertama tahun depan atau sekitar Maret 2016. Saat ini, regulasi untuk implementasinya sedang dalam proses pembahasan bersama Kementerian Kominfo.

“Ini merupakan langkah untuk menuju penerapan 5G. Karena jaringan itu kan pada dasarnya menggabungkan berbagai frekuensi. Juni tahun depan, para vendor sudah mulai akan memproduksi handset untuk teknologi jaringan ini,” ucap Head of Network Planning XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya