SOLOPOS.COM - Balon Internet Google. (Istimewa/Google)

Akses Internet cepat ditawarkan Balon Internet Google yang bakal menyambangi Indonesia dalam waktu dekat.

Solopos.com, JAKARTA – Balon internet Google akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Hal itu dipastikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang mengungkap ada salah satu operator yang tertarik untuk melakukan uji coba teknis.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Balon internet Google sendiri akan diuji coba untuk akses internet dari ketinggian udara 20 kilometer di atas kaki. Rudiantara sendiri mengaku, balon ini masih membutuhkan waktu panjang untuk bisa menyesuaikan model bisnis dan penerapannya di Indonesia.

Diakui Menkominfo Rudiantara, pihak Google sejak awal meminta di frekuensi 700 MHz namun di Indonesia frekuensi itu dipakai untuk televisi analog. Kemudian, mereka meminta di frekuensi 900 MHz.

“Saya bilang, ya sudah habis spektrum yang di 900 MHz, jadi ya bicara saja dengan operatornya. Kemudian mereka minta lagi di 700 MHz, saya bilang tidak bisa, masih dipakai TV analog,” bebernya.

Kesepakatan uji coba teknis ini akan dirampungkan di sela kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, dimana salah satu agendanya akan bertemu dengan petinggi Google.

“Sejauh ini pembahasan antara operator itu dan Google masih sebatas technical test saja karena memang belum jelas soal model bisnisnya. Selama masih uji coba, saya rasa tidak masalah,” tutur menteri yang akrab disapa Chief RA itu di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Rudiantara tak membeberkan siapa operator yang dimaksud. Namun dari sejumlah deskripsinya, operator yang dimaksud kemungkinan besar adalah Telkomsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya