SOLOPOS.COM - Peluncuran 4G LTE di Yogyakarta (Detik)

Akses Internet cepat 4G membikin boros kuota. Lalu bagaimana cara menghematnya?

Solopos.com, JOGJA — Pengguna layanan 4G long term evolution (LTE) dapat mengakses Internet berkecepatan tinggi. Akses Internet cepat tersebut secara tidak langsung membuat kuota cepat habis akibat konsumsi data tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir Okezone, Minggu (15/11/2015), Direktur Sales Telkomsel, Mas’ud Khamid, mengatakan sumber perkara terasa borosnya data akses Internet 4G salah satunya akibat update software.

Ada pengaturan di smartphone yang memungkinkan pengguna untuk mengatur opsi update secara manual atau otomatis.

“Sumber perkara, kalau enggak mau kecolongan, pengguna pintar-pintar untuk switch off atau switch on pada software update,” kata Mas’ud.

Pengguna layanan akses Internet 4G bisa melakukan update aplikasi dengan menggunakan koneksi Wifi ketimbang layanan data.

Selain itu, habit atau kebiasaan dalam menggunakan data seperti mengakses video definisi tinggi juga berpengaruh terhadap besar atau kecilnya penggunaan data.

Telkomsel mengklaim memiliki sekitar 1.300 BTS 4G yang kini beroperasi di 9 kota di Indonesia. Total keseluruhan pelanggan akses Internet 4G Telkomsel sebanyak 1,8 juta dan diharapkan terus meningkat seiring di-launching-nya 4G LTE di kota-kota berikutnya.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengatakan untuk memenangkan kompetisi dengan operator lain, perusahaan menyediakan kualitas jaringan terbaik. Telkomsel menargetkan 2 juta pelanggan akses Internet 4G LTE untuk tahun ini.

Sedangkan untuk tahun depan, perusahaan menargetkan pelanggan akses Internet 4G LTE Telkomsel sebanyak 8 juta pelanggan.

Dikutip dari Detik, Minggu, layanan akses Internet 4G Telkomsel telah menyambangi kota Yogyakarta setelah sebelumnya sudah dihadirkan untuk 10 kota lain di Indonesia. Apa jurus mereka agar pelanggannya cepat-cepat beralih memanfaatkan 4G?

Sebagai teknologi baru, 4G LTE memang masih butuh sosialisasi. Di Kota Jogja, Masud Khamid menyatakan kalau yang sudah menggunakan smartphone 4G baru 54.000-60.000 orang. Itu sebagian masih memakai jaringan akses Internet 3G Telkomsel.

Agar 4G Telkomsel cepat dimanfaatkan, dilakukan bermacam strategi. “Apabila pelanggan diketahui memakai handset 4G dan ada di area yang dapat 4G, mereka akan dikirim SMS pemberitahuan,” kata Masud.

Selain itu, Telkomsel juga didukung 6.000 agen Call Center, yang dapat membantu pelanggan beralih ke layanan 4G LTE. Pelayanan yang baik itu diharapkan membuat pelanggan tidak ragu memakai layanan 4G, yang tarifnya juga disamakan dengan layanan 3G.

Beberapa wilayah yang telah dijangkau jaringan akses Internet 4G LTE Telkomsel mencakup lokasi-lokasi strategis di Jogja seperti UGM, UNY, UIN, UPN, UKDW, Malioboro, keraton, bandara, perumahan padat, Café, jalan protokol dan pusat perbelanjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya