AKSES ANTARDESA : 18 Jembatan di Kudus Senilai Total Rp29,8 Miliar Diresmikan

 ilustrasi jembatan (JIBI/dok)

SOLOPOS.COM - ilustrasi jembatan (JIBI/dok)

Akses antardesa berupa 18 jembatan di Kudus diresmikan dan difungsikan.

Kanalsemarang.com, KUDUS– Bupati Kudus Musthofa menandatangani 18 prasasti jembatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sekaligus menandai diresmikannya belasan jembatan yang dibangun tahun ini dengan total anggaran mencapai Rp29,8 miliar, Senin (21/12/2015) malam.

Penandatanganan 18 prasasti jembatan tersebut, dilakukan di atas Jembatan Ploso sebagai salah satu jembatan yang diresmikan secara simbolis oleh Bupati Kudus Musthofa.

Dalam peresmian belasan jembatan yang dipusatkan di Jembatan Ploso, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus, diramaikan dengan penampilan T-Koes Band (Tonny Koeswoyo Band).

Sementara band pembuka, yakni grup Moore Bless yang beraliran rock merupakan pengagum grup musik legendaris, God Bless yang juga grup musik rock. Ribuan masyarakat yang hadir juga disuguhi dengan aneka makanan dan minuman gratis karena Pemkab menyiapkan sejumlah pedagang bakso dan nasi kucing untuk jamuan gratis.

Bupati Kudus Musthofa dalam sambutannya di Kudus, Senin, mengungkapkan, bahwa Pemkab Kudus sudah berupaya maksimal agar jembatan yang rusak segera diperbaiki.

“Kami minta, masyarakat juga memahami bahwa pembangunan dilakukan berdasarkan skala prioritas karena menyesuaikan anggaran,” ujarnya.

Keberadaan 18 jembatan yang baru dibangun tersebut, diharapkan bermanfaat sebagai akses dari satu desa ke desa lainnya.

Ia juga mengapresiasi kepada Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral Kudus yang meminta perawatan jembatan terhadap pelaksana proyek tidak hanya dalam hitungan beberapa bulan saja, melainkan dalam waktu satu tahun.

“Mudah-mudahan terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral Kudus Sam’ani Intakoris dalam pembacaan laporannya mengungkapkan, pembangunan jembatan untuk tahun anggaran 2015 terdapat 17 jembatan, sedangkan Jembatan Tenggeles-Dawu Biaya senilai Rp4,9 miliar yang sumber pendanaannya berasal dari bangub merupakan pekerjaan tahun 2014 namun ikut diresmikan sekarang.

Dari belasan pembangunan jembatan tersebut, 16 jembatan di antaranya berasal dari APBD Kudus tahun 2015 yang nilainya mencapai Rp23,8 miliar, sedangkan satu jembatan berasal dari Bantuan Gubernur senilai Rp6 miliar, sehingga total anggaran tahun 2015 untuk pembangunan 17 jembatan sebesar Rp29,8 miliar.

Dari belasan proyek pembangunan jembatan, terdapat empat jembatan besar, yakni Jembatan Tambaklulang dengan nilai proyek Rp5,96 miliar, Jembatan Planggading dengan nilai proyek Rp4,9 miliar, Jembatan Ploso dengan nilai proyek Rp6 miliar, Jembatan Karangmalang-Getasrabi dengan nilai proyek Rp1,5 miliar dan Jembatan Semliro dengan nilai proyek Rp1,1 miliar.
Dari empat proyek pembangunan jembatan tersebut, satu jembatan merupakan jembatan baru, sedangkan lainnya merupakan jembatan pengganti.


Berita Terkait

Berita Terkini

Cegah Laka Air, Warga Harus Memahami Karakteristik Sungai

Pengetahuan tentang kondisi sungai penting diketahui sebelum melalukan aktivitas di sekitarnya agar tidak terjadi laka air.

Pengakuan Mbah Minto Bacok Maling Ikan Gegara Disetrum

Mbah Minto yang melakukan penganiayaan terhadap maling ikan di Demak mengaku aksinya dilakukan untuk membela diri.

Sering Ditagih Pinjol Ilegal, Bupati Wonogiri: Kurang Ajar Betul!

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, ternyata juga sering ditagih nomor tak dikenal yang diduga kuat operator layanan pinjaman online (pinjol) ilegal.

KPK Gelar Kasus OTT Bupati Musi Banyuasin dan Barang Bukti Uang Suap

Kasus dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin 

Cerita Gibran 5 Hari Tersesat di Alam Gaib

Kisah misteri kali ini menceritakan pengalaman Gibran yang hilang selama lima hari dan tersesat di alam gaib kawasan Gunung Guntur.

Begini Kerusakan Akibat Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,8 di Bali

Tiga orang meninggal dunia serta tujuh orang juga mengalami patah tulang

China Rebut Piala Uber Seusai Tundukkan Jepang 3-1

Tim China berhasil menundukkan Jepang pada final Piala Uber 2020 dalam finla yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Alasan Kiwil Poligami: Istri Kayak Mobil

Kiwil blak-blakan tentang alasannya poligami dan menganalogikan istri seperti mobil.

40% Populasi Dunia Tak Mendapat Akses ke Makanan Sehat

Makanan yang kita pilih dan cara kita memproduksi, menyiapkan, memasak, dan menyimpan menjadikan kita bagian yang tak terlepas dari sistem pertanian pangan.

10 Berita Terpopuler: Peraih Emas Terbanyak PON - Tragedi Susur Sungai

Ulasan tentang Adinda peraih terbaik ajang PON Papua dalam tangan masih tertanam pen menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (17/10/2021).

Sah! Putri Bill Gates Nikah Islami dengan Nassar, Mualaf?

Putri Bill Gates menikah secara islami dengan kekasihnya, Nayel Nassar, yang berasal dari Mesir setelah sekian lama bertunangan.

Ratusan Penerima PKH di Klaten Ternyata Punya Mobil hingga Rumah Mewah

Sedikitnya 250 keluarga penerima manfaat (KPM) di Klaten diusulkan segera dinonaktifkan dari program keluarga harapan (PKH).

Asale Pusat Olahraga Terpadu di Sukoharjo Jadi Gedung Budi Sasono

Pemkab Sukoharjo berencana membangun gedung pertemuan Budi Sasono berkapasitas sekitar 2.500 orang.

Indonesia ke Final Piala Thomas, Fajar/Rian Termotivasi Kemenangan Jojo

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengungkap kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo).

Tampil Dominan, Manchester City Tundukkan Burnley 2-0

Manchester City raih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Burnley dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di Etihad Stadium.