Akses Air Minum Aman di Solo Masih Jadi PR Pemkot

Sesuai standar baku mutu kesehatan lingkungan media air untuk keperluan masyarakat harus memenuhi beberapa parameter.

 Ilustrasi minum air putih. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air putih. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Penyediaan akses air minum yang aman masih menjadi PR bagi Pemerintah Kota Solo.

Sesuai standar baku mutu kesehatan lingkungan media air untuk keperluan masyarakat harus memenuhi beberapa parameter.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 32/2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene, Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan pemandian umum, standar baku mutu air untuk sanitasi masyarakat meliputi parameter fisik, biologi, dan kimia.

Masyarakat menggunakan air untuk keperluan sehari-hari di antaranya mandi, sikat gigi, keperluan mencuci bahan makanan, alat masak, dan pakaian hingga memasak.

Konsumsi air PDAM di Kota Solo mencapai hampir 2 juta m3 per bulannya. Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) Perumda Toya Wening Solo, Bayu Tunggul Pamilih mengatakan penyediaan air minum dan sanitasi bagi masyarakat harus  memenuhi unsur aman dan layak.

Dari kacamata Sustainable Development Goals (SDGs), akses universal air bersih dan sanitasi menjadi salah satu poin dalam SDGs sektor lingkungan hidup. Bayu mengatakan ada target yang harus dicapai dalam pengelolaan air minum dan sanitasi. Yakni 100 persen air minum aman dan layak.

“Dari SDG ada target 100% air minum aman dan layak, 0 persen perumahan kumuh, dan 100% sanitasi aman dan layak,” kata Bayu saat ditemui Solopos.com, Senin (19/9/2022) lalu.

Poin enam SDGs menargetkan pada 2030 mencapai akses universal dan merata terhadap air minum yang aman dan terjangkau, mencapai akses terhadap sanitasi dan kebersihan yang memadahi dan merata, menghentikan praktik buang air besar di tempat terbuka.

Serta efisiensi penggunaan air dan empat target masalah sanitasi lain.

Bayu menambahkan saat ini Kota Solo baru mencapai 90% akses air minum layak. Akses air minum aman masih menjadi PR. Meski Kota Solo sendiri sudah bisa menyediakan akses air minum yang aman dan layak sebesar 65%. Nilai itu lebih tinggi bila dibanding target Jateng sebesar 50%.

“Targetnya memang kita di Solo 100% akses air minum aman dan layak. Saat ini layak hampir 100 persen. Amannya yang belum. Tapi kita sudah di atas target Jateng yang 50%. Kota Solo 65% aman dan layak,” kata dia.

Sesuai Permenkes RI No. 32/2017, aman yang dimaksud di antaranya air untuk keperluan minum dan sanitasi harus dalam keadaan terlindung dari sumber pencemaran, binatang pembawa penyakit. Air juga harus aman dari kemungkinan kontaminasi.

“Aman itu dari sisi ketersediaan itu sampai di depan rumah secara tertutup, keterjangkauannya ada gitu. Jadi buka keran langsung ada air. Ngangsu [menimba] itu layak tapi belum aman,” lanjutnya.

Selain itu, air untuk keperluan minum dan sanitasi harus aman dari kontaminasi. Pada Bab III poin A menyatakan jika melakukan pengolahan air secara kimia, maka jenis dan dosis bahan kimia harus tepat.

“Kedua, harus memenuhi baku mutu Permenkes, misalnya bakteri ya harus didisinfektan. Walau disinfektan tidak harus pakai kimiawi, ada juga direbus. Tapi kan air untuk cuci mulut tidak seluruhnya direbus kan,” kata dia.

Selanjutnya, air untuk fasilitas umum misalnya pemandian umum. Air harus memenuhi standar aman seperti air dalam keadaan terlindung dari sumber pencemaran, perkembangbiakan vektor, dan binatang pembawa penyakit.

Selain itu lingkungan sekitar harus dalam keadaan bersih dan tertata. Serta bebas sumber pencemaran kegiatan domestik dan industri.

Kedua, air untuk pemandian umum harus aman tidak ada cemaran minyak yang terlihat jelas menyebabkan perubahan warna dan bau.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Sektor Telko, Energi, hingga Barang Konsumsi Diramal Tahan Banting pada 2023

      Sejumlah sektor yang berkinerja unggul sepanjang tahun ini di antaranya, ada sektor energi, industri, transportasi, dan logistik.

      Perjalanan Lancar di Akhir Pekan, Simak Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja pada hari ini, Minggu (27/11/2022).

      PT Widodo Makmur Perkasa Tbk & Dompet Dhuafa Beri Bantuan Korban Gempa Cianjur

      PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP atau WMP) berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, bergerak cepat mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi Cianjur.

      Telkom Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Ajang Anugerah Media Humas 2022

      Anugerah Media Humas 2022 diikuti humas dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, perusahaan BUMN dan BUMD, hingga humas perguruan tinggi negeri.

      Nominal Limit Transfer BCA Berdasarkan Jenis Kartu

      Berikut adalah informasi terkait batas atau limit transfer dari BCA yang dibedakan berdasar jenis kartu.

      Disebut Layak Jadi Panglima TNI, Segini Harta Kekayaan Yudo Margono

      Sebagai bagian dari penyelenggara negara, harta kekayaan Yudo Margono wajib dilaporkan secara rutin ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

      Bangga! 2 Tahun Beruntun, BRI Raih Peringkat Tertinggi di Ajang ASRRAT 2022

      Skor BRI dalam ESG Risk Rating dari Sustainalytics tercatat mengalami perbaikan secara konsisten.

      Presiden: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72 Persen di Tengah Resesi Global

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah ancaman badai resesi yang dialami sejumlah negara di dunia.

      Hyundai Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Senilai Rp2 Miliar

      T Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) bersama-sama memberikan donasi kepada para korban gempa di Cianjur.

      Liburan Lancar di Akhir Pekan, Simak Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja pada hari ini, Sabtu (2y6/11/2022).

      BI Perkirakan Inflasi Mencapai 0,18 Persen pada November 2022

      Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada November 2022 mencapai 0,18 persen dibandingkan bulan sebelumnya atau month-to-month (mtm).

      Penggemar Vespa Merapat! Piaggio Mau Bawa Motor Listrik ke Indonesia

      Pemerintah Indonesia telah berbincang dengan produsen Vespa, Piaggio Group, untuk menghadirkan motor listrik ke Tanah Air.

      262 Unit Mobil Listrik Ioniq 5 Eks G20 Bali Siap Dilego, Berminat?

      PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akan menjual mobil listrik Ioniq 5 bekas kendaraan operasional G20.

      Wow...! Target Penjualan Mobil pada 2023 Nyaris Tembus 1 Juta Unit

      Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan proyeksi penjualan pada 2023 akan meningkat sedikit dibandingkan target penjualan pada 2022.

      KA Blambangan Ekspres Jurusan Semarang-Banyuwangi Diluncurkan, Ada Promonya!

      PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) meluncurkan KA Blambangan Ekspres dengan rute Banyuwangi-Semarang pulang pergi (PP) menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.