Akselerasi UMKM Naik Kelas, BRI Gelar Pengusaha Muda BRILian

BRI memberikan kesempatan para pelaku UMKM di Tanah Air mengikuti Pengusaha Muda BRILian 2022 di sejumlah kota di Indonesia.

 Kick Off Pengusaha Muda BRILian 2022.

SOLOPOS.COM - Kick Off Pengusaha Muda BRILian 2022.

Solopos.com, JAKARTA–Sektor UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia terus menjadi perhatian PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk terus ditumbuhkembangkan.

Bank terbesar di Indonesia tersebut terus melahirkan berbagai program inovatif untuk mengakselerasi bisnis UMKM agar naik kelas, salah satunya adalah Pengusaha Muda BRILian 2022.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Menandai dimulainya Pengusaha Muda BRILian 2022, digelar Kick off yang dihadiri oleh Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, hingga super mentor Billy Boen di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Dalam sambutannya, Catur menuturkan BRI terus mendorong lahirnya inovasi bisnis baru dari pelaku UMKM yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sebagai bank yang fokus di segmen UMKM, program ini menjadi salah satu wujud konkret pemberdayaan UMKM oleh perseroan.

“BRI terus fokus dalam memberdayakan UMKM untuk bisa naik kelas. Di tengah momentum pemulihan ekonomi, kami harap program ini dapat membawa dampak positif terhadap peningkatan usaha pelaku UMKM muda yang dibina dalam program ini,” jelas dia.

Pengusaha Muda BRILian tahun ini menjaring total peserta hingga 1.330 UMKM di 10 Kota penyelenggaraan yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Palembang, dan Medan.

Jumlah lokasi penyelenggaraan Pengusaha Muda BRILian tahun ini bertambah dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Penambahan ini merupakan bentuk komitmen BRI untuk terus memperluas jangkauan pemberdayaan UMKM terutama pengusaha muda di Indonesia.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menyebut program ini pun dirancang untuk mengakselerasi bisnis pelaku UMKM melalui serangkaian pendampingan terbaik dari ekspertis.

“BRI Optimis melalui program ini dapat mencetak pengusaha muda tangguh Indonesia yang dapat menjadi role model dan local heroes di tingkat lokal nasional dan internasional sehingga mendorong UMKM lain untuk melakukan hal yang sama,” papar dia.

Sasaran Program Pengusaha Muda BRILian 2022 ini merupakan pengusaha muda dengan batas usia maksimal 40 tahun dan memiliki kategori usaha yang bergerak di bidang Food & Beverage, Fashion, dan Handicraft dengan omzet maksimal 500 juta.

Pengumuman peserta lolos yang hadir pada event ini telah dilakukan sebelumnya pada 27 Juli 2022.

Peserta PMB 2022 yang telah dinyatakan lolos seleksi, akan menjalani berbagai rangkaian kegiatan berupa inkubasi bisnis selama 14 pekan, private mentoring, mentor progress review, mentor business visit, demo day final penjurian dan ditutup dengan awarding pada puncak acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pada Desember 2022.

BRI telah menggandeng para business expert untuk menjadi Super Mentor maupun Mentor yang nantinya akan mendampingi peserta secara langsung selama periode program.

“Melalui program Pengusaha Muda Brilian 2022 ini, BRI berharap dapat memberikan Makna kepada Indonesia khususnya kepada pengusaha muda dalam upayanya membangkitkan perekonomian negara untuk Recover Together, Recover Stronger,” jelas Amam.

Di samping itu, BRI terus mempertajam fokus dengan meningkatkan komposisi kredit UMKM yang telah menyentuh 83,27% atau senilai Rp920 triliun pada kuartal II-2022.

Kredit UMKM itu atau mengalami pertumbuhan 9,81% year on year (YoY). Adapun nilai kredit BRI secara konsolidasi mencapai senilai Rp1.104,79 triliun atau tumbuh 8,75% yoy pada kuartal II-2022.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tarif Tetap Rp8.000, Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Jogja-Solo atau sebaliknya.

      Disebut Lebih Ramah Lingkungan, Segini Harga Panel Surya di Pasaran

      Saat ini panel surya merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan sumber energi yang ramah lingkungan. Lantas berapa harga panel surya yang dijual di pasaran? Berikut ulasannya.

      Pakar Keamanan Siber Imbau Masyarakat Tidak Asal Klik Link dan Instal Aplikasi

      Pakar Keamanan siber mengimbau kepada masyarakat untuk tidak asal klik link (tautan) yang mencurigakan atau mirip-mirip dengan akun resmi perbankan.

      Resesi Global Disebut Semakin Dekat, Ini Dampaknya bagi Indonesia

      Menteri Keuangan Sri Mulyani memprediksi resesi global terjadi pada tahun depan. Lantas pada dampak resesi global bagi perekonomian Indonesia?

      Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan Luncurkan Empat Buku

      Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) Arief Rosyid Hasan meluncurkan empat buku.

      Para Investor Pemula Merapat! Berikut Tips Investasi Saham dari Kaesang

      Kaesang Pangarep mengaku punya investasi di sektor batu bara, hiburan atau entertainment dan kupon obligasi.

      BSU Tahap 3 Cair! Begini Cara Cek Data Penerima di Ponsel hingga Pencairannya

      Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi mengatakan pihaknya akan mulai mencairkan subsidi gaji tahap 3 kepada 1,3 juta penerima yang datanya telah diterima dari BPJS Ketenagakerjaan.

      Kabar Tak Sedap Masih Hantui Mi Sedaap di Mancanegara

      Kabar tak sedap kembali menghantui Mi Sedaap. Produk Mi Sedaap varian Korean Spicy Chicken ditarik dari peredaran di Hong Kong karena dianggap mengandung etilen oksida, bahan kimia yang biasa dipakai dalam pestisida.

      PT Pos Tegaskan Tak Naikkan Tarif Logistik

      Kendaraan Pos Indonesia yang menggunakan BBM jenis Pertalite hanya sedikit, karena mayoritas kendaraan perseroan menggunakan Pertamax.

      Redakan Krisis Pangan, Bank Pembangunan Asia Gagas Program Senilai US$14 Miliar

       Bank Pembangunan Asia (ADB) berencana untuk menyediakan setidaknya US$14 miliar selama 2022-2025 dalam program dukungan komprehensif untuk meredakan krisis pangan di Asia dan Pasifik.

      Ikut Luncurkan Saham Rakyat, Kaesang Pangarep: Investasi Saham Tidak Rumit

      Kaesang Pangarep dan YouTuber Kevin Hendrawan digandeng Samuel Sekuritas saat meluncurkan aplikasi Saham Rakyat versi pro, yang bertujuan memudahkan masyarakat memahami investasi saham.

      Sampai Desember 2022, Pemerintah Tak Naikkan Tarif Listrik

      Pemerintah memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik hingga Desember 2022 untuk 13 golongan pelanggan PLN.

      Antam dan UBS Kompak Anjlok! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 28 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Rabu (28/9/2022) hari ini terpantau turun untuk cetakan UBS dan Antam masing-masing mencatat penurunan Rp2.000 per gram.

      Pergerakan IHSG Diprediksi Melemah, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berpotensi melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (28/9/2022).

      Beban Operasional Makin Tinggi, Agen Mitra Ninja Xpress Tolak Skema Komisi Baru

      Agen mitra perusahaan jasa layanan logistik last mile Ninja Xpress menolak skema baru pemberian komisi.

      Lengkap! Berikut Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini, 28 September 2022

      Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Jogja-Solo atau sebaliknya.