SOLOPOS.COM - Bobby Ari Setiawan (kelola.or.id)

Bobby Ari Setiawan (kelola.or.id)

Tarian ciptaan koreografer muda, Bobby Ari Setiawan, yang terinspirasi dari aksara Jawa bertajuk Aksara Tubuh bakal dipentaskan di Taman Budaya Surakarta (TBS), Senin (3/12/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tarian yang merupakan visualisasi aksara Jawa itu bakal ditampilkan bersama lima penari lainnya di bawah bendera Independent Expression (IE)  dengan durasi sekitar satu jam.

Sehari sebelum pentas, agar penonton semakin menikmati sajian yang ditampilkan, IE mengadakan workshop Aksara Tubuh di lokasi yang sama. Bobby mengaku  sebelumnya pernah menampilkan tarian tersebut di Pendapa Wisma Seni dan Malaysia dalam bentuk Tryout Aksara Tubuh.

“Tarian Aksara Tubuh selalu kami benahi dan kami sempurnakan, yang akan kami tampilkan Desember nanti itu yang sudah jadi,” ucapnya saat berbincang dengan Solopos.com baru-baru ini di TBS.

Bobby menjelaskan setelah Aksara Tubuh ia akan terus melakukan pengembangan hingga menjadi tari aksara Jawa utuh dengan beberapa tahap tarian. Tahapan setelah Aksara Tubuh menurutnya adalah Tari Ha Na Ca Ra Ka yang bakal ia pentaskan di Jakarta 2013 mendatang.

Menurut Bobby, aksara Jawa memiliki banyak sisi yang bisa dieksplorasi. Selain bentuknya yang unik, cerita di balik aksara Jawa itu juga bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi. Ditambah huruf-huruf lainnya yang berhubungan dengan aksara Jawa, misalnya sandangan dan pasangan Jawa.

Selain menghasilkan karya seni nan indah, tarian bersumber aksara Jawa ini menurut Bobby termasuk sebagai bentuk pelestarian budaya Jawa. Ia ingin mengenalkan aksara Jawa dalam bentuk gerakan tari.

“Beruntung sekali saya menemukan ini [Aksara Jawa] sebagai sumber inspirasi. Nantinya bakal banyak karya yang tercipta dari aksara Jawa ini,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya