SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Solo (Espos)–
Penerapan peraturan badan akreditasi nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang demikian rinci dan detail membuat sejumlah perguruan tinggi mengalami kecenderungan menurun nilai akreditasi.

Hal tersebut diungkapkan Assesor BAN PT, Prof Dr Khudzaifah Dimyati. Dia mengatakan, meskipun sosialisasi terkait dengan petunjuk pelaksanaan peraturan akreditasi dilakukan sejak tahun 2008 lalu, namun sejumlah perguruan tinggi belum mempersiapkan dokumen penting yang dibutuhkan dalam proses pelaksanaan penilaian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk mempersiapkan berkas paling tidak membutuhkan waktu satu hingga dua tahun, jika sejumlah data itu tidak dapat disajikan maka asesor pun memberikan nilai nol,” jelas dia ketika dijumpai di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (30/6).

Dia mengatakan, selain faktor persiapan dokumen maupun berkas pengajuan akreditasi, minimnya sumber daya manusia yang kompeten di masing perguruan tinggi membuat pelaksanaan kegiatan pembelajaran tidak optimal. Menurutnya, dibanding dengan proses penilaian akreditasi sebelumnya, rincian data yang disusun lebih detail dan setiap kegiatan yang diselenggarakan harus ada bukti dokumentasinya.

das

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya