SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah prestasi diraih Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memasuki 2014 ini. Terakhir, UNS meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebelumnya, universitas yang berawal dari gabungan 5 perguruan tinggi Surakarta itu mendapatkan peringkat ketujuh Green Matric, peringkat kelima versi 4international Colleges And Universities (4ICU), dan peringkat kedua student perform matric. UNS juga mendapatkan sertifikasi ISO 9000-2008.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rektor UNS Ravik Karsidi, kepada wartawan di gedung Pusdiklat UNS, Jumat (24/1/2014), mengatakan akreditasi A dari BAN-PT tersebut diperoleh dari dukungan akreditasi A dari sejumlah program studi. Ia mengungkapkan sekitar 43 % dari 138 program studi di UNS telah terakreditasi A.

Selanjutnya, Ravik berniat mendorong sejumlah program studi terakreditasi A tersebut mendapatkan akreditasi internasional. Langkah itu, lanjut dia, merupakan cara untuk mempertahankan nilai akreditasi tersebut. “Mempertahankan jelas lebih berat,” akunya.

Pihaknya juga tengah mendorong bertambahnya publikasi jurnal internasional UNS yang selama ini diakui masih lemah. Langkahnya dengan menyiapkan anggaran penelitian yang lebih besar.

Pihaknya juga melakukan penguatan kantor jaminan mutu, pasalnya kantor tersebut berperan mengawasi dan mengontrol layanan administrasi di seluruh unit kerja UNS. Salah satu prestasi yang diperoleh dari peran kantor ini adalah ISO 9000-2008.

Ravik menambahkan, selain akreditasi A, UNS juga meraih peringkat ketujuh nasional Green Matric setelah Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Sementara untuk level dunia, UNS menduduki peringkat ke-134.

Green Matric  merupakan pemeringkatan yang menjadi tolok ukur untuk kampus yang berwawasan lingkungan. UNS juga meraih peringkat kelima versi 4ICU, setelah ITB, UGM, UI, dan Universitas Brawijaya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Drajat Tri Kartono menambahkan UNS mendapatkan peringkat kedua Student Perform Matric dari  Dirjen Dikti. Diungkapkan dia. Hal ini, menurut dia membuktikan peran mahasiswa UNS diakui secara nasional.

“Aktivitas mahasiswa dirangkum dan dilihat kualitasnya. Mahasiswa kita bisa meraih peringkat dua, setelah Universitas Negeri Yogyakarta [UNY],” terangnya, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya