SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Akreditasi perguruan tinggi akan dijalani oleh 130 program studi PTS di DIY

Harianjogja.com,JOGJA-Sekitar 130 Program Studi (Prodi) dari total 515 Prodi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menjalani program reakreditasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut bertujuan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kepercayaan publik terhadap PTS di DIY.

Ekspedisi Mudik 2024

Koordinator Koordinasi PTS (Kopertis) Wilayah V DIY Bambang Supriyadi pada Kamis (28/4/2016) mengatakan bahwa reakreditasi tersebut diselenggarakan menggunakan dana dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dengan pelaksana Kopertis Wilayah V DIY dan Asosiasi PTS Indonesia (APTISI) Wilayah DIY.

Reakreditasi ini dilakukan terutama bagi PTS yang prodinya masih terakreditasi C dan belum terakreditasi karena merupakan prodi baru, tanpa ada pembedaan prodi Diploma Tiga, Strata Satu atau Strata Dua.

“Tawaran reakreditasi sudah datang sejak sebulan lalu, namun APTISI masih sibuk pergantian pengurus dan pelantikan, jadi sedianya kami baru mulai membahas persiapan reakreditasi ini Mei 2016. Kami akan memberikan penjelasan kepada mereka, agar setidaknya mereka bukan sekedar terakreditasi, melainkan untuk yang sebelumnya C bisa meraih B,” tuturnya, kepada Harianjogja.com.

Bambang menambahkan, prodi yang akan secara pasti direakreditasi pada 2016 ini masih melihat kemampuan dari BAN PT. Meskipun akan lebih baik apabila 130 prodi tadi bisa mendapat kesempatan reakreditasi, tak terutup kemungkinan BAN PT belum dapat melakukan reakreditasi bagi semua prodi ini.

“Kami akan upayakan untuk mereakreditasi terlebih dahulu prodi yang sudah mendekati habis masa berlaku akreditasinya, karena pengajuan reakreditasi diharapkan sudah dilakukan sekitar enam bulan sebelum masa berlaku akreditasi habis,” imbuh dia.

Bambang menyatakan, sebuah PTS dan prodinya perlu untuk memiliki akreditasi, untuk dapat memiliki akreditasi yang baik, sebuah PTS tentu harus memiliki Sistem Penjaminan Mutu yang baik.

Selain itu bagi institusi, untuk memiliki akreditasi, PTS perlu memenuhi enam standar akreditasi. Antara lain pertama, memiliki visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian, kedua mahasiswa dan lulusan, ketiga memiliki Sumber Daya Manusia (SDM), keempat Kurikulum, suasana pembelajaran dan akademik yang mendukung, kelima pembiayaan, sistem informasi, sarana dan prasarana, keenam penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya