SOLOPOS.COM - Marc Marquez meminta maaf kepada para penggemar Oliveira setelah ia menabrak pembalap tuan rumah tersebut pada MotoGP Portugal 2023, Minggu (26/3/2023). (Twitter/@HRC_MotoGP)

Solopos.com, JAKARTA – Otoritas MotoGP akhirnya menjatuhkan hukuman kepada Marc Marquez. Pembalap tim Repsol Honda tersebut terlibat tabrakan yang mengakibatkan Miguel Oliveira gagal melanjutkan perlombaan MotoGP Portugal 2023, Minggu (26/3/2023).

Marc Marquez diberikan hukuman penalti karena dianggap menyebabkan kecelakaan yang dialami pembalap tuan rumah dari tim CryptoDATA RNF tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Senin (27/3/2023), Marc Marquez diberi hukuman penalti berupa double long-lap pada putaran berikutnya dari kalender MotoGP 2023. Namun demikian, ia harus bisa tampil bugar atau fit untuk berkendara karena mengalami cedera akibat kecelakaan di Portugal tersebut.

Pada perlombaan MotoGP Portugal 2023, Marc Marquez memang terlibat insiden sejak awal setelah sempat bersenggolan dan mendorong Jorge Martin (Prima Pramac Racing) melebar dari lintasan, ia menabrak Oliveira.

Insiden itu berakhir dengan Martin kehilangan beberapa posisi, sedangkan Marquez dan Oliveira sama-sama tersingkir dari balapan.

Steward FIM MotoGP telah memutuskan memberlakukan hukuman penalti double long-lap kepada Marc Marquez pada balapan putaran kedua di Argentina nanti. Ia dianggap membalap dengan tidak bertanggung jawab yang masuk dalam pelanggaran Pasal 1.21.2 regulasi FIM.

Di sisi lain, Marc Marquez menerima dengan lapang dada hukuman penalti tersebut. Ia juga mengatakan dirinya menyesal kecelakaan besar harus terjadi di balapan pembuka Portugal.

“Pertama-tama saya ingin mengatakan bahwa saya sangat menyesal untuk Oliveira, timnya, dan para penggemar di Portugal karena itu adalah balapan yang terjadi. Saya melakukan kesalahan yang sangat besar hari ini, tentu saja itu bukan niat saya untuk membuat ini terjadi,” kata Marc Marquez.

Marquez juga sempat menyampaikan pemintaan maaf langsung kepada para penggemar Olievira di Portugal. Saat di depan paddock ia membuat gestur menelangkupkan kedua telapak tangannya sebagai tanda permintaan maaf.

Setelah crash itu, kedua pebalap menerima perawatan medis. Marquez akan menjalani pemeriksaan menyusul kemungkinan patah tulang metacarpal di tangan kanannya. Sedangkan Oliveira mengalami luka memar di kaki kanannya.

“Saya menghindari Martin tetapi melakukan kontak dengan Oliveira. Saya langsung pergi ke Miguel dan kemudian di pusat medis saya pergi untuk memeriksanya – untungnya sepertinya dia baik-baik saja dan ini adalah hal yang paling penting,” ujar Marquez.

“Sementara saya, saya merasakan sakit di tangan kanan dan lutut saya, tapi ini tidak begitu penting saat ini. Saya sepenuhnya menerima dan menghormati penalti double long-lap selama GP Argentina karena saya melakukan kesalahan,” imbuhnya.

Sementara itu, Oliveira menyampaikan telah menerima permintaan maaf dari Marc Marquez meski tetap tidak bisa menyembunyikan kekecewaan atas kegagalannya dalam balapan di negaranya tersebut. “Itu tidak terjadi dengan sengaja, tetapi itu adalah tempat yang salah untuk mencoba dan mendapatkan posisi,” kata Oliveira dalam unggahan akun Twitter MotoGP.

Hukuman double long lap penalty tentu bukan hal mudah untuk dijalani Marquez pada balapan selanjutnya karena dipastikan ia akan kehilangan banyak waktu. Dengan demikian, butuh kerja ekstra keras baginya untuk bisa bersaing di barisan depan seri balapan MotoGP 2023 selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya