Akhirnya, Yenny Wahid Resmi Dukung Jokowi-Ma\'ruf
Yenny Wahid mengumumkan dukungan untuk capre-cawapres Joko Widodo dan KH Ma\'ruf Amin. (Bisnis - Muhammad Ridwan)

Solopos.com, JAKARTA -- Putri mantan Presiden Indonesia Adurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid, akhirnya memutuskan mendukung capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma\'ruf Amin. Sebelumnya, Yenny juga diminta oleh kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk masuk dalam tim pemenangan pasangan nomor urut 2 itu.

Yenny akhirnya mengumumkan dukungannya itu pada Rabu (26/9/2018) sore di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, kalibata Jakarta Selatan. "Kami akan mendukung pasangan nomor 1. Bismilah Jokowi akan memimpin lagi pada 2019," ujar Yenny Wahid.

Pengumuman itu dilakukan bersamaan dengan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Barisan Kader (Barikade) Gus Dur. Keputusan ini sangat penting bagi kubu Jokowi-Ma\'ruf mengingat para loyalis Gus Dur selama ini berada di luar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sejak awal mengusung Jokowi.

Sebelumnya, politikus Partai Golkar, Bambang Soesatyo, yakin keluarga Abdurrahman Wahid, yang diwakili oleh putri keduanya, Yenny Wahid, akan memberi dukungan kepada calon presiden yang diusung partainya, yakni Jokowi.

“Dia [Yenny] orang sudah ngomong, kok. Kita tunggu aja pengumumannya. Kalau saya salah, ya, mohon maaf,” tutur Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Menurut Bambang, dukungan dari tokoh masyarakat sangat menentukan dalam pendulangan suara di pemilihan presiden 2019. Begitu pun dengan dukungan dari keluarga Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Pengaruh keluarga Gus Dur, yang disebutnya darah biru dari kalangan Nahdliyin, warga Nahdlatul Ulama, sangat besar di antara kelompok NU. Terutama, kata Bambang, di basis-basis NU, seperti Sumatra, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

“Basis-basis NU, terutama di wilayah yang memang Nahdliyin-nya banyak, sangat diharapkan menjadi pemilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin,” ujar Bambang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom