SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

NEW YORK – PBB akhirnya meningkatkan status Palestina setelah pemungutan suara Majelis Umum (MU) menyetujui secara de facto pengakuan Palestina sebagai sebuah negara, Kamis (29/11/2012) waktu setempat.
Dari 193 negara anggota MU, 138 negara memberikan suara setuju, sembilan abstain dan 41 negara menolak. Sedangkan tiga negara lainnya tidak ambil bagian dalam pemungutan suara.
Pemungutan suara dilakukan setelah Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dalam pidatonya meminta badan dunia itu segera menyerahkan “akta kelahiran” negaranya yang lama tertunda.
Berdasarkan hasil voting, MU PBB meningkatkan status Otoritas Palestina dari “entitas pengamat” menjadi “negara bukan anggota”.
MU menyetujui peningkatan status Palestina meskipun mendatan tentangan keras dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya, Israel. Kedua negara bersekutu ini bahkan mengancam menghentikan bantuan dana untuk pemerintahan Tepi Barat.
Sementara para perwakilan PBB mengatakan Israel kemungkinan menghindari ketegangan selama Palestina tak berusaha bergabung dengan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).
Respons besar ditujukkan anggota MU setelah Abbas mengutuk Israel atas “kebijakan-kebijakan agresif dan upaya melakukan kejahatan perang. “65 Tahun lalu pada hari ini, MU PBB mengadopsi resolusi 181, yang membagi tanah bersejarah Palestina menjadi dua neara dan menjadi sertifikat kelahiran Israel,” ujar Abbas dari atas podium dan disambut tepuk tangan para peserta sidang sambil berdiri.
“MU diharapkan hari ini menyerahkan pula sertifikat kelahiran untuk Negara Palestina yang menjadi kenyataan,” imbuh Abbas.
(Niken Ari Purwanti/JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya