SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP Karanganyar memasang kain selubung pada logo Black Arion di Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Senin (26/9/2022) dalan penutupan kafe tersebut. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR—Kafe Black Arion di Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, akhirnya ditutup Senin (26/9/2022).

Penutupan dilakukan aparat Satpol PP dengan pengamanan personel polisi dan TNI.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam kegiatan tersebut, petugas Satpol PP antara lain menutup tulisan dan logo Black Arion yang berada di gedung bagian depan serta di pintu masuk.

Sementara itu, dalam surat Sekretariat Daerah Karanganyar bernomor 800/5.08f.1.3, Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Sutarno atas nama Bupati Karanganyar memerintahkan kepada Satpol PP, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU PR) melakukan penutupan kafe tersebut.

Baca Juga: Bupati Karanganyar Sebut Kades Gedongan Kabur Saat Black Arion akan Ditutup

“Menindaklanjuti Keputusan Bupati Karanganyar Nomor 300/866 Tahun 2022 tentang Pencabutan lzin Usaha atas nama CV Mitra Mega Jaya dan Penghentian Kegiatan Usaha Cafe Black Arion dengan melakukan penutupan dan penyegelan terhadap tempat usaha Cafe Black Arion Jalan Adi Sumarmo Nomor 196, Sawah, Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu,” bunyi surat tertanggal 26 September 2022 tersebut.

Ia juga memerintahkan agar penutupan dilakukan berkoordinasi dengan Polres dan Kodim 0727/Karanganyar, memasang blokir akses lokasi dan akses tempat usaha, serta menutup/menurunkan papan nama/atribut usaha.

Selain itu, dilakukan juga pemasangan spanduk penutupan dan spanduk larangan dan sanksi bagi pengunjung dan memasang spanduk larangan dan sanksi bagi siapa saja yang membuka blokir atau properti Pemerintah Daerah pada lokasi tanpa izin.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Gedongan, Bandung Gunadi saat dikonfirmasi membenarkan penutupan kafe Black Arion tersebut. “Ya betul [sudah ditutup],” ujarnya singkat, Senin malam.

Baca Juga: Warga Geruduk Kantor Bupati Karanganyar Tagih Janji Pengosongan Black Arion

Sementara itu, Selasa (27/9/2022) pihak Black Arion rencananya memberikan tanggapan atas persoalan-persoalan yang bergulir sejak 2020 tersebut.

Sebelumnya, sebagian warga Desa Gedongan menggalar aksi di depan Kantor Bupati, Jumat (23/9/2022). Mereka menuntut Bupati Juliyatmono menepati janjinya yang akan merobohkan menutup dan merobohkan Black Arion.

Bahkan mereka mendirikan tenda di depan gerbang Kantor Bupati hingga mereka ditemui Bupati atau Black Arion dibongkar/ditutup. Aksi menginap tersebut berlangsung hingga Senin (26/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya