Akhirnya, BST Kemensos untuk Warga Solo Cair
Ilustrasi uang. (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Setelah ditunda selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), akhirnya bantuan sosial tunai atau BST tahap X atau Januari 2021 sebesar Rp300.000 dari Kemensos untuk warga Kota Solo segera cair.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (25/1/2021), undangan pencairan BST sudah diterima sejumlah warga calon penerima bantuan. Salah satunya seorang warga di RT 05/RW 011 Kelurahan Mojosongo, Jebres.

“Sudah ada undangan pencairan BST bulan Januari 2021. Ada warga di RT 005/RW 011 Mojosongo yang sudah mendapat undangan pencairan,” ujar Antonius Yogo Prabowo, anggota DPRD Solo asal Mojosongo via WA.

Baca juga: Belum Ada LPj, Dana Bansos Solo Disorot BPK

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menjelaskan warga RT 005/RW 011 Mojosongo, Solo telah menerima undangan terkait pengambilan BST yang cair dari pemerintah kelurahan. Pada undangan itu tertulis pencairan BST dilakukan Selasa (26/1/2021).

“Artinya ini adalah kabar gembira bagi warga Solo yang terdampak pandemi Covid-19 bahwa bansos dari pusat segera dicairkan. Kemarin untuk Solo kan sempat ditunda pencairannya menunggu PPKM selesai,” sambung dia.

Yoga, panggilan akrabnya, mengatakan penundaan pencairan BST di Solo sempat menuai tanda tanya dari berbagai kalangan. Sebab bantuan itu sudah ditunggu-tunggu calon penerima yang kesulitan ekonomi.

“Sekarang PR nya bagaimana pembagian BST ini tidak menimbulkan kerumunan. Sebab saat ini masih di masa pandemi Covid-19. Pemerintah pusat pun akan memperpanjang masa PPKM dua pekan,” terang dia.

Baca juga: Mayat Pria Jebres Solo Mengapung di Kedung Kalongan Kebakkramat

Pembagian BST

Tapi Yoga optimistis pembagian BST yang telah cair di Solo itu tidak akan menimbulkan kerumunan bila diatur dengan sistem yang longgar. Artinya, bila dulu pembagian BST hanya memakan waktu tiga hari, saat ini bisa dijadwal sepekan. Selain itu tentunya dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Atur jadwalnya biar tidak terjadi kerumunan, tegakkan prokes selama pembagian bantuan di kelurahan. Semoga tak berkerumun,” seru dia.

Yoga yang juga anggota Komisi IV DPRD Solo yang membidangi masalah kesehatan berencana melakukan pengawasan saat pembagian BST. Tujuannya memastikan penerapan prokes agar tak terjadi penularan Covid-19.

Baca juga: Sedih, Keluarga Miskin di Sragen Tinggal di Rumah Dekat Hutan Tanpa Listrik

Informasi yang diperoleh Solopos.com, undangan pengambilan dana BST yang cair itu juga sudah beredar di Kelurahan Purwosari, Laweyan, Solo. Salah seorang warga di RT 005 Purwosari mengaku sudah mendapat undangan pencairan BST 2021.

Undangan yang sama sudah diterima warga di wilayah RW 011 Nusukan, Banjarsari. Tapi seorang warga calon penerima BST di wilayah RW 012 Nusukan mengaku belum menerima undangan walau pada 2020 menerima BST.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom