SOLOPOS.COM - Stadion Maguwoharjo.dok

Stadion Maguwoharjo.dok

 

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

SLEMAN-AFC dan PSSI memenuhi janjinya untuk melakukan survei kelayakan Stadion Maguwoharjo untuk pertandingan  Pra Piala Asia 2015 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Arab, 22 Maret mendatang.

Fahri Sinaga, Direktur Marketing PSSI, Kamis (21/2/2013) mengatakan survei dilakukan sebagai bentuk alternatif jika pelaksanaan pertandingan di Stadion GBK terkendala. Beberapa potensi yang mungkin terjadi di antaranya banjir dan situasi yang kurang mendukung.

Tim melakukan survei terkait kondisi stadion. Terdapat beberapa catatan mendasar yang perlu disesuaikan dengan standar internasional, di antaranya manajemen ruangan khususnya ruang wasit yang dinilai masih terlalu terbuka, fasilitas bagi pemain, khususnya ruang kesehatan dan ruang ganti, pembagian penonton VIP dan penonton umum kurang jelas, akses media dan kelengkapan jaringan IT yang masih kurang spesifik serta kondisi rumput dan fasilitas lapangan lain seperti lampu dan gawang.

“Hasil survei tidak dapat diberikan sekarang karena ini adalah persoalan sensitif, biasanya mereka akan melaporkan dan melakukan analisa dahulu, setelah dua atau tiga pekan mereka akan memberikan rekomendasi apakah Maguwoharjo layak untuk digunakan sebagai pelaksanaan pertandingan internasional,” tandas Fahri.

Menurutnya, survei dilakukan setelah mengumpulkan beberapa referensi dari stadion lainnya. Namun, katanya, ada beberapa klasifikasi yang kurang sesuai dengan standar FIFA.

“Dari data yang kami terima, ada beberapa data yang tidak sesuai dengan standar internasional, seperti di Manahan ternyata tinggi gawang kurang 12 centimeter,” tandasnya.

Jika Stadion Maguwo dinyatakan layak, tidak menutup kemungkinan akan membuka pintu pelaksanaan pertandingan internasional berikutnya di tempat tersebut. PSSI menyebutkan selain kondisi interior stadion, beberapa faktor pendukung seperti akses transportasi dan penginapan juga harus menjadi pertimbangan.

“Yang menjadi pertimbangan tentu stadion dan juga fasilitas pendukung seperti hotel dan transportasi,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya