SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Kawasan wisata Kaliurang menunggu macet saat libur akhir tahun ini. Pasalnya hotel berbintang dan melati sudah penuh terpesan oleh wisatawan yang ingin menghabiskan malam tahun baru di kawasan wisata pegunungan itu.

Menurut Ketua Asosiasi Perhotelan Kaliurang, Heribertus Indiantara pesanan para wisatawan sudah terlihat memadati kawasan wisata itu. Meskipun tarif saat pergantian tahun dinaikkan, namun banyak pelancong yang tidak memikirkannya.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Sebenarnya masih ada beberapa hotel yang kosong dan belum dipesan, namun itu hotel kecil-kecil. Sebagian besar sudah penuh pesanan wisatawan,” tandas Heribertus saat dihubungi Harian Jogja, Selasa (18/12/2012).

Heribertus mengatakan untuk pergantian tahun ini pihaknya menaikkan tarif hotel yang biasanya satu malam Rp50.000 menjadi Rp100.000 atau Rp150.000. Sedangkan kamar hotel kelas bintang yang semula tarif kamar hanya Rp 400 ribu menjadi Rp 700 ribu per malam.

Malam pergantian tahun di kawasan wisata Kaliurang memang akan disuguhkan hiburan pesta kembang api dan pentas musik dangdut. Jadi 250 pondok wisata atau penginapan dan tiga hotel bintang tiga yang ada di Kaliurang sudah dipastikan akan dipenuhi pengunjung.

“Hingga kini kami memiliki sekitar 5.000 kamar. Perkiraan wisatawan yang akan datang ke Kaliurang akan melebihi angka ketersediaan kamar ini, sebab hingga kini sudah ada 3.500 kamar yang dipesan,” jelas Heribertus.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, Nurhadiyati Padminingsih pihaknya berkoordinasi dengan Badan Promosi Pariwisata Sleman untuk menggelar pentas musik dangdut dan juga pentas kembang api pada malam pergantian tahun.

“Ini salah satu upaya untuk menarik wisatawan datang ke Kaliurang. Yang jelas akan ada acara di sana,” kata Nurhadiyati.

Di sisi lain, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatikan, Sulton Fatoni mengatakan jika pihaknya akan melakukan koordinasi terkait kemacetan. Dia akan mengajak serta polres dan polsek setempat untuk mengatur arus lalu lintas.

Sulton mengatakan khusus untuk pergantian tahun baru akan mengerahkan 40 personil ke lapangan. Untuk mengamankan jalan-jalan yang padat dia akan mengirimakn 15 petugas untuk berpatroli dengan tiga mobil, sedangkan 25 petugas lainnya akan mengamankan beberapa titik pusat keramaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya