SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi DPRD Kabupaten Bantul (JIBI/Harian Jogja/Antara)

DPRD adakan kunker terakhir di 2017.

Harianjogja.com, BANTUL–DPRD Bantul melakukan kunjungan kerja (Kunker) terakhir di tahun ini, ke sejumlah daerah. Plesir ke luar daerah di pengujung tahun tersebut terbagi menjadi empat komisi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Plt Sekretaris DPRD Bantul Helmi Jamharis mengatakan, kunjungan tersebut terbagi empat komisi. “Untuk komisi A di Bogor terkait kependudukan dan catatan sipil, komisi B ke Tangerang dengan bahasan pendapatan, sedangkan komisi C ke Bogor dengan bahasan infrastruktur dan komisi D ke Tangerang dengan materi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” ujarnya Selasa (19/12/2017).

Kegiatan kunker dilaksanakan dari 18-20 Desember dengan anggaran masing-masing per komisi Rp95 juta. Anggota dPRD Bantul Amir Syarifudin yang memilih tidka ikut kunker mengatakan, kunker di pengujung tahun itu terkait pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pengawas.

“Untuk Pansus pengawasan ini  sangat penting menurut saya contohnya pengawasan untuk Dana desa, atau pengawasan pelaksanaan APBD,” kata Amir.

Menurutnya Kunker merupakan bagian dari komunikasi politik pemerintah daerah yang melaksanakan suatu kegiatan maupun tentang  Rancangan Peraturan Daerah. “Kalau masyarakat mau mengetahui manfaat kunker sebenarnya sudah ada, masalah sekarang ini masalah tabu. Sebenarnya dewan wajib dan melaporkan pada masyarakat hasil Kunker itu, dan itu sudah dilaporkan termasuk dalam Paripurna,” ujarnya.

Di kesempatan lain Humas Rembug Warga Peduli Anggaran (Rewang), Bantul, Dasar Widodo berharap, Gubernur DIY mengurangi porsi anggaran eksekutif dan legislatif Bantul untuk perjalanan dinas luar daerah yang dikemas dalam program studi banding/kunjungan kerja.

“Kegiatan kunker tidak ada manfaat bagi rakyat, tidak ada tolak ukur dan korelasi hasil kunker dengan kemajuan daerah bahkan secara geografis dan SDM, PNS Bantul dan DIY sudah unggul,”ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya