Akhir Semester I/2022, Rupiah Hampir Tembus Rp15.000 Per Dolar AS

Indeks dolar AS pada pukul 15.10 WIB terpantau turut melemah 0,0510 poin atau 0,05% ke level 105,055.

 Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA–Di akhir Semester I/2022, Kurs rupiah ditutup melemah, bersamaan turunnya mata uang lain di kawasan Asia.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 0,34 persen atau 50,50 poin sehingga parkir di posisi Rp14.903,00 per dolar AS.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Indeks dolar AS pada pukul 15.10 WIB terpantau turut melemah 0,0510 poin atau 0,05% ke level 105,055.

Sementara itu, mata uang lain di kawasan Asia yang ikut melemah adalah baht Thailand turun 0,29%, dolar Taiwan turun 0,21%, dan ringgit Malaysia turun 0,18% terhadap dolar AS.

Di sisi lain, mata uang lain di kawasan Asia terpantau menguat diantaranya yen Jepang naik 0,24%, dolar Singapura naik 0,22%, peso Filipina naik 0,16%, dan yuan China naik 0,12% terhadap dolar AS.

Baca Juga: Kurs Rupiah di BRI, BNI, Mandiri, dan BCA, Kamis 30 Juni 2022

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam dalam riset harian mengatakan dolar AS masih berada di dekat puncak dua dekade mengingat permintaan safe-haven lebih tinggi karena adanya kekhawatiran terhadap kenaikan suku bunga dan juga resesi global.

Selain itu, di Eropa Presiden ECB Christine Lagarde memperingatkan kenaikan inflasi yang tidak diinginkan di zona euro, sementara Gubernur Bank of England Andrew Bailey mendorong kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan berikutnya.

Ibrahim mengatakan aktivitas pabrik kembali berkembang dan menunjukkan indeks manajer pembelian (PMI) naik menjadi 50,2 di Juni dari 49,6 di Mei lalu.

Beralih pada sentimen yang ada di dalam negeri, Ibrahim mengatakan pasar terus memantau perkembangan inflasi pada Juni 2022 yang diperkirakan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juni 2022 diperkirakan akan mengalami inflasi sebesar 0,57% secara bulanan (month to month/mtm),” tulis Ibrahim dalam riset hariannya. Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Kurs Rupiah Dibuka Lesu di Level Rp14.848 Per Dolar AS

Dia mengatakan dengan prediksi tersebut akan membawa inflasi Indonesia secara tahunan mencapai 4,2% (year on year/yoy).

Ibrahim menjelaskan prediksi kenaikan inflasi secara bulanan terpengaruh oleh kenaikan harga pangan khususnya komoditas cabai rawit merah, daging sapi, bawang merah, dan telur ayam.

“Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.880 – Rp14.930,” tulis Ibrahim.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Rupiah Jeblok ke Rp14.903 per Dolar AS Akhir Semester I/2022, Cek Penyebabnya!

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Sambut HUT RI: Promo Biaya Transfer Bank, KAI Pasang Livery Khusus

      Menyemarakkan HUT ke-77 RI, Bank Indonesia (BI) menggelar promo biaya transfer antarbank cuma Rp77. Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memasang livery khusus.

      Anjlok Nih! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 16 Agustus 2022

      Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian Selasa (16/8/2022) hari ini baik untuk cetakan UBS maupun Antam terpantau turun dibandingkan dengan harga sebelumnya.

      Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah Terbatas

      Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (16/8/2022) hari ini.

      BRI Dukung Industri Kopi Indonesia Go International Lewat Acara Ini

      BRI berkomitmen untuk terus mendorong para stakeholder bersama-sama membangun industri kopi Indonesia.

      Jumlah Pengguna SPKLU di Solo Masih Minim, Ini Alasannya

      PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Kota Solo, menyebutkan pemanfaatan layanan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Kota Solo masih minim.

      Impor Baju Bekas Dilarang, Ini Alasan Penggemar Tetap Milih Thrift

      Sejumlah penggemar pakaian thrift di Kota Solo menilai, thrifting menjadi suatu hal yang menurut mereka cukup menyenangkan dan ramah kantong.

      Indonesia Disebut Masih Mengimpor Beras Khusus, Apa Itu?

      Meskipun Indonesia sudah tidak mengimpor beras selama 3 tahun, namun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia masih mengimpor beras khusus hingga 2022.

      Menko Airlangga Beberkan Kunci Penting Pemulihan Ekonomi Indonesia

      Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,44 persen (yoy) pada Q2 tahun 2022.

      Cara Memilih Toko Bangunan Online Terpercaya Melalui Ukur.com

      Sesuai perkembangan zaman yang semakin modern, tentunya keberadaan toko bangunan bisa ditemukan dan didapatkan menggunakan media online. Salah satu marketplace terbaik yang bisa Anda pilih untuk membeli bahan-bahan bangunan yang berkualitas yaitu Ukur.com.

      Resmi Dibuka! Ini Cara dan Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 41

      Secara resmi, kabar pembukaan kartu prakerja gelombang 41 ini diumumkan langsung oleh akun Instagram resmi Kartu Prakerja @parakerja.go.id.

      Bela Pegawai yang Diancam Pencuri Cokelat, Begini Respons Alfamart

      Manajemen Alfamart menanggapi ancaman UU ITE yang diterima oleh salah satu pegawainya di gerai Alfamart Sampora, Tangerang Selatan.

      Berkat Tokopedia, Omzet 3 UMKM Lokal ini Melesat

      Di Hari UMKM Nasional, Tokopedia mengumumkan daerah dengan peningkatan penjualan paling banyak.

      IndiHome Meriahkan Perayaan HUT ke-77 RI di 2 Perumahan Solo

      IndiHome ikut memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI di Kota Solo.

      3 Prinsip Dasar Sri Prakash Lohia Jadi Orang Terkaya ke-4 di Indonesia

      Dalam menjalankan bisnisnya, Sri Prakash Lohia memegang tiga prinsip dasar yang membawanya meraih kesuksesan hingga menjadi orang kaya keempat di Indonesia.

      AirAsia Belum Buka Pendaftaran Drivel Ojol di Indonesia, Ini Alasannya

      AirAsia Super App Indonesia memastikan belum membuka pendaftaran driver ojek online (ojol) di Indonesia, namun baru membuka di Malaysia.