SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Bupati Boyolali Seno Samodro memastikan masa recovery pasca bencana Merapi akan dimulai akhir Desember ini.

Meski demikian, masa recovery itu telah dimulai dengan sejumlah kegiatan diantaranya program padat karya, penggantian hewan ternak, penyaluran bantuan bibit sayuran dan penghijauan di tiga kecamatan di lereng Merapi yang masuk wilayah Boyolali.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Program padat karya sudah dimulai beberapa pekan lalu dengan anggaran sekitar Rp 550 juta. Nantinya recovery itu akan dilakukan secara bertahap dan akan menyentuh pembangunan infrastruktur yang rusak akibat bencana Merapi,” ujarnya kepada wartawan seusai pencanangan gerakan menaman satu miliar pohon di Joglo I Merapi Desa Lencoh, Selo, Sabtu (18/12).

Bupati menambahkan untuk pembangunan fisik nantinya menggunakan pembahasan anggaran APBD 2011. Direncanakan jika sesuai dengan jadwal yang ada, awal tahun 2011 akan dilakukan penyusunan detail engineering design (DED). Kemudian, jelas Bupati, awal April hingga Mei proses pembangunan infrastruktur dalam rangka recovery bencana Merapi bisa dimulai.

Selain pembangunan infrastruktur, Bupati menegaskan Boyolali juga telah memperoleh kucuran dana tanggap darurat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan senilai Rp 5 miliar. Dana itu terbagi dalam 50 paket dengan masing-masing paket senilai Rp 100 juta. “Dana itu digunakan untuk kegiatan desa binaan dalam budidaya ikan. Kami sudah meminta Desa Tlogolele, Selo memperoleh dua paket senilai RP 200 juta. Hal itu dikarenakan Tlogolele merupakan satu-satunya di Selo yang mempunyai sumber air yang cukup melimpah. Nantinya tergantung masyarakat akan budidaya ikan apa, bisa saja lele, gurame atau nila,” papar dia.

Sedang, sisanya, jelas Bupati, hal itu tergantung dari usulan masing-masing desa yang ada di wilayah Boyolali. Namun demikian, bantuan itu akan diberikan, jika daerah memiliki sumber air yang mencukupi untuk kegiatan budidaya ikan tawar.

fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya