SOLOPOS.COM - Personel polisi lalu lintas memantau arus lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meniadakan transaksi kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang mengantre untuk transaksi atau 'tapping' kartu uang elektronik, dan pengguna jalan tol bisa melakukan transaksi di gerbang tol selanjutnya. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Solopos.com, JAKARTA–Akhir 2022 pemerintah secara bertahap akan mengganti kartu tol menjadi sistem transaksi nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Organisasi Angkutan Darat (Organda) menyikapi secara positif penerapan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Umum Organda Adrianto Andre Djokosoetono menilai kehadiran sistem MLFF tersebut bertujuan memperlancar proses pembayaran di gerbang tol.

Andre berpendapat bagi pengusaha angkutan umum yang memiliki jumlah angkutan cukup banyak, sistem tersebut bisa mempermudah untuk memantau dan mengontrol biaya di tol.

“Organda menyambut baik rencana MLFF karena akan memperlancar proses di tol. Tentunya kami sangat memerlukan solusi bagi korporasi seperti perusahaan angkutan, yang memiliki jumlah armada banyak. Sifatnya realtime sehingga penggunaanya dapat terkontrol secara detail setiap saat,” kata Andre, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga: Ada 3 Metode Pembayaran Jalan Tol Via MLFF, Ini Perbedaannya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan segera menerapkan sistem transaksi nontunai berbasis MLFF untuk menggantikan e-toll card.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menegaskan penerapan sistem pembayaran tol tanpa kartu atau nirsentuh bukanlah wacana dan akan segera dilaksanakan.

“Implementasi sistem pembayaran tol tanpa kartu bukan wacana. Itu sudah skedul dari badan usaha pelaksana yang ditugasi Menteri PUPR untuk menjalankan sistem transaksi tol,” kata Danang.

Danang mengatakan sistem MLFF ini akan mulai diperkenalkan pada akhir 2022. Penerapan sistem pembayaran tol tanpa kartu ini merupakan bentuk inovasi dan transformasi digital di jalan tol dengan konsep intelligent toll road system (ITRS).

“Pada akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi onboard unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money,” jelas Danang.

Baca Juga: Implementasi MLFF akan Dilakukan Bertahap

Danang mengungkapkan bahwa penerapan sistem MLFF akan disesuaikan dengan kesiapan masyarakat di lapangan.

Berbeda dengan sistem pembayaran Berbasis kartu elektronik yang saat ini digunakan, untuk metode pembayaran di Gerbang Tol (GT) MLFF akan menggunakan sistem server based.

“Pembayaran akan menggunakan sistem berbasis server,” ungkapnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul MLFF Bakal Gantikan Kartu Tol Akhir 2022, Ini Tanggapan Organda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya