SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancarai wartawan di Taman Sunan Jaga Kali, Pucangsawit, Jebres, Solo, Rabu (9/3/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Kalangan akar rumput PDIP Solo mengusulkan agar mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo alias Rudy menjadi calon anggota legislatif atau caleg DPR RI pada Pemilu 2024.

Usulan itu masuk dalan agenda Musyawarah Anak Cabang Khusus (Musancabsus) PDIP di lima wilayah Pimpinan Anak Cabang (PAC), beberapa waktu lalu. Seperti disampaikan Ketua PAC PDIP Kecamatan Jebres, Honda Hendarto, saat diwawancarai Solopos.com, baru-baru ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Honda, Musancabsus PDIP Jebres digelar pada Jumat (23/9/2022). Dalam musyawarah tersebut dijaring nama-nama bakal daftar calon sementara (BDCS) Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), serta Anggota DPRD Kota Solo.

Di kolom nama-nama BDCS Anggota DPR RI diisi nama FX Hadi Rudyatmo alias Rudy sebagai caleg. Sedangkan di kolom nama-nama BDCS Anggota DPRD Jateng diisi nama Rudi Jauhari, yang merupakan Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Solo.

Menariknya, nama FX Hadi Rudyatmo juga tercantum dalam kolom usulan nama-nama BDCS Anggota DPRD Solo di urutan pertama atau paling atas. Dalam Musancabsus PDIP Banjarsari yang digelar Minggu (25/9/2022) nama Rudy juga muncul.

Baca Juga: Ramai-Ramai soal Dewan Kolonel – Dewan Kopral, Rudy Solo: Saya Loyalis Mega!

Buah Pemikiran Rudy Dinilai Sangat Bagus

Nama politikus kawakan Kota Bengawan itu masuk di daftar nama BDCS Anggota DPR RI. Seperti di Jebres, nama Rudy satu-satunya nama yang tercantum di kolom BDCS Anggota DPR RI. Sedangkan di kolom nama BDCS Anggota DPRD Jateng muncul tiga nama.

Mereka yaitu Hartanti (Anggota DPRD Solo), Rudi Jauhari (Ketua Gapensi Solo), dan Heni Prihartoyo (kader PDIP Banjarsari). Ketua PAC PDIP Banjarsari, Joko Santoso, saat diwawancarai Solopos.com, Rabu (5/10/2022), mengonfirmasi masuknya nama Rudy dalam daftar bakal caleg DPR RI.

“Iya, nama beliau [Rudy] betul diusulkan untuk maju di DPR RI. Alasannya ya karena beliau ini kan sudah tidak menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kemudian buah pemikiran beliau di PDIP kan sangat baik. Komitmen beliau juga jelas berpikir untuk rakyat,” urainya.

Baca Juga: Wah! Eks Wali Kota Solo Rudy Bertemu 4 Mata dengan Presiden Jokowi di Istana

Dengan pertimbangan itu, Joko mengatakan peserta Musancabsus PDIP Banjarsari bersepakat untuk mengusulkan Rudy sebagai calon anggota DPR RI. Sedangkan daerah pemilihan (dapil) untuk Rudy maju, menurutnya tentu wilayah Solo.

Nama Rudy juga masuk di daftar nama bakal caleg DPR RI saat Musancabsus PDIP Pasar Kliwon, Minggu (25/9/2022). Menurut Ketua PAC PDIP Pasar Kliwon, Ekya Sih Hananto, hanya nama Rudy yang terjaring sebagai calon anggota DPR RI saat Musancabsus. “Iya nama beliau masuk,” terangnya.

Menurut Ekya sosok Rudy sangat layak untuk menjadi wakil rakyat di Senayan berkaca dari kiprah dan buah pemikirannya selama ini. “Beliau sudah tidak menjadi Wali Kota, senior di partai, diharapkan bisa membantu masyarakat Solo,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya