Akan Jadi Orang Pertama Divaksin Covid-19 di Wonogiri, Bupati Jekek Bilang Begini
Petugas medis menyiapkan vaksin Sinovac. (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, WONOGIRI -- Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, akan menjadi orang pertama di Kabupaten Wonogiri yang divaksin Covid-19.

Jekek-panggilan akrab Bupati Wonogiri- menyatakan siap divaksin Covid-19 karena vaksinasi merupakan salah satu opsi untuk mencegah corona.

Pembukaan atau launching vaksinasi akan dilaksanakan di RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Selasa (26/1/2021). Sebanyak sepuluh pejabat dan tokoh akan turut divaksin bersama Joko Sutopo sekitar pukul 09.00 WIB.

Jekek mengatakan sepuluh pejabat dan tokoh yang ikut divaksin yakni anggota Forkompinda Wonogiri, tokoh agama dan tokoh pemuda. Adapun Nakes yang mengikuti vaksinasi tahap awal sebanyak 3.370 orang.

Baca juga: Ancaman Erupsi Merapi Berubah Arah, Wisata Bunker Kalidem dkk Tetap Tutup

Pada tahap pertama, kata Jekek, Wonogiri mendapat jatah vaksin pada tahap pertama sebanyak 7.480 dosis.

"Proses vaksinasi terbagi menjadi dua tahap. Kuota tahap pertama ini belum mencukupi semua Nakes di Wonogiri. Maka proses vaksinasi untuk Nakes terbagi menjadi dua gelombang," kata dia kepada wartawan di ruang kerja, Senin (25/1/2021).

Tempat vaksinasi untuk Nakes, lanjut dia, dilakukan di setiap Puskesmas. Di Wonogiri ada 34 Puskesmas yang siap menjadi lokasi vaksinasi. Jadi vaksinasi tidak dilakukan di satu tempat karena justru akan menimbulkan kerumunan.

Baca juga: 31 Kabupaten/Kota di Jateng Gelar Vaksinasi Serentak Hari Ini, Kecuali Wonogiri

"Seluruh puskesmas di Wonogiri sudah siap. Sumber daya manusia atau yang melakukan vaksinasi juga sudah terlatih dan siap menjalankan tugasnya," ungkap dia.

Persiapan Teknis

Menanggapi pelaksanaan vaksinasi di Wonogiri satu hari lebih akhir dibanding daerah lain, Jekek menuturkan bahwa hal itu lebih kepada persiapan menjelang vaksinasi.

Baca juga: Gara-Gara Proyek Ini Tommy Soeharto Gugat Pemerintah Rp56 Miliar

"Lebih kami persiapkan hal-hal yang masuk ranah teknis. Tidak mungkin kami melaksanakan kegiatan tanpa ada persiapan yang detail. Maka aspek teknisnya harus terpenuhi. Ini merupakan pertanda bahwa opsi terakhir untuk mencegah persebaran Covid-19 yaitu adanya vaksin," kata Jekek.

Daftar penerima vaksin Covid-19 perdana di Wonogiri:

1. Joko Sutopo, Bupati Wonogiri
2. Sriyono, Ketua DPRD
3. Let. Kol. (Inf) Imron Masyhadi, Dandim Wonogiri
4. AKBP Christian Tobing. Kapolres Wonogiri
5. Agus Irawan Yustisianto, SH, MH, Kajari Wonogiri
6. Sugeng Sudrajat, SH, Ketua PN Wonogiri.
7. Denny. Risnindyantira, Wakil Ketua Penggerak PKK Kab. Wonogiri.
8. Hariyadi, Ketua MUI Wonogiri/Tokoh Agama.
9. Pdt. Trofilus Saryono Agus Sulistyanto, Tokoh Agama.
10. Kurniawan Bagus Septian A, Unsur Pemuda Berprestasi Olah Raga.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom