SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Polri mengungkapkan bahwa  Bripda Puput Nastiti Devi telah resmi mengundurkan diri dari kepolisian sebagai Polwan. Keputusan itu diambil Puput karena berencana menikah dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (BTP) alias Ahok.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan dirinya baru mengetahui Bripda Puput mengundurkan diri sebagai Polwan. Menurutnya, Bripda Puput sudah mundur dari kepolisian sejak 9 Januari 2019 lalu tanpa alasan yang spesifik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Memang betul Bripda Puput sudah mengundurkan diri dari dinas kepolisian mulai tanggal 9 Januari 2019. Ini keputusan yang bersangkutan secara pribadi, tanpa ada alasan yang spesifik,” tutur Dedi, Kamis (24/1/2019).

Menurut Dedi, pengunduran diri Bripda Puput sudah disetujui oleh atasannya sejak lama. Karena itu, Dedi memastikan Puput Nastiti Devi sudah bukan lagi anggota Polri dan tidak perlu mengikuti Peraturan Kapolri (Perkap) No 6/2018 tentang Perubahan Perkap No 9/2010 tentang Tata Cara Pengajuan Perkawinan, Perceraian, dan Rujuk bagi anggota maupun PNS Polri untuk kawin dengan BTP.
 
“Jadi saat ini yang bersangkutan sudah bukan lagi anggota Polri,” katanya.
 

Sebelumnya, Dedi Prasetyo mengatakan bahwa Polri telah menetapkan aturan bagi anggotanya maupun PNS Polri yang berencana kawin. Aturan tersebut, menurut Dedi, tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) No 6/2018 tentang Perubahan Perkap No 9/2010 tentang Tata Cara Pengajuan Perkawinan, Perceraian, dan Rujuk bagi anggota maupun PNS Polri.
 
Pada Pasal 3 Perkap No 6/2018 tertulis anggota Polri yang akan melaksanakan perkawinan. Perceraian dan rujuk harus mendapatkan izin dari atasannya atau pejabat yang berwenang. Tentunya, sebelum mendapatkan izin, Bripda Puput harus melayangkan surat permohonan izin menikah untuk mendapatkan persetujuan dari atasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya