Akademi Pelayaran Nasional Surakarta Wisuda 98 Lulusan
Peserta wisuda angkatan ke-XIII APN Surakarta berpose saat wisuda di Hotel Lorin Solo, beberapa waktu lalu. (Solopos.com-APN Surakarta)

Solopos.com, SOLO Sebanyak 98 lulusan Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta diwisuda. Prosesi wisuda ke-XIV APN ini digelar di Hotel Lorin Solo, Sabtu (20/2/2021).

Pelaksanaan wisuda tersebut akan menerapkan protokol kesehatan ketat pencegahan persebaran Covid-19. Di antaranya kewajiban semua peserta yang terlibat wisuda menggunakan masker, penataan tempat duduk berjarak, hingga persyaratan bagi orang tua wisudawan yang datang agar menunjukkan hasil nonreaktif rapid test deteksi Covid-19.

Direktur APN Surakarta, Hardi, melalui pejabat humas APN, Noviana Puspitasari saat ditemui di sela-sela gladi bersih, Jumat (19/2/2021) mengatakan, akademi yang berlokasi di Kartasura, Sukoharjo ini menyelenggarakan Program Studi (Prodi) DIII Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan ini meluluskan rata-rata 100 mahasiswa setiap tahun.

Baca Juga: Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Hingga kini, APN Surakarta telah meluluskan ribuan alumni di bidang pengelolaan pelabuhan dan transportasi laut yang berkompeten. Mereka bekerja di berbagai perusahaan pelayaran terkemuka dan berbagai perusahaan bidang lainnya.

“Diharapkan APN Surakarta selalu diminati masyarakat mengingat bidang ketatalaksanaan pelayaran niaga dan kepelabuhan sampai saat ini merupakan komponen vital dalam perekonomian. Selain itu bidang tersebut sangat mendukung dalam perdagangan baik domestik maupun internasional,” ujar Hardi.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Selain itu, APN Surakarta selalu berusaha memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang punya keahlian, keterampilan, dan kecakapan di bidang tersebut. “Sampai saat ini, APN telah menyandang akreditasi B dan akan terus meningkatkan kualitas pendidikan, baik melalui pelayanan akademik maupun administrasi,” imbuh Hardi.

Baca Juga: Terampil Bungkus Kado Bisa Jadi Peluang Bisnis

Sementara itu, Noviana menambahkan, APN Surakarta telah bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Di antaranya Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Burapha University Thailand, Huachiew Chalermprakiet University Thailand, Prince Of Songkla University Thailand, dan Universitas Malaysia Sabah.

APN juga bekerja sama dengan perusahaan untuk penempatan kerja. Di antaranya PT Arpeni Pratama Ocean Line, PT Meratus Line, PT Indah Kiat Pulp and Paper, PT Krakatau Bandar Samudera, PT Atosim Lampung Pelayaran, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Merak, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten, dan lainnya.

“Sampai saat ini mahasiswa APN banyak yang sudah dipesan bekerja sebelum mereka lulus,” imbuh Noviana yang juga Kepala Prodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan ini.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkini Lainnya








Kolom