SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Sebanyak 664 taruna dan taruni Akademi Militer mengucapkan ikrar semangat keluarga asuh di puncak Gunung Tidar, Kota Magelang, Jawa Tengah, kata Komandan Resimen Korps Taruna Akmil Kolonel Infantri Sapriadi.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Adanya keluarga asuh akan sangat membantu setiap taruna dan taruni untuk lebih cepat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan di Akmil,” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (14/9/2014).

Pengucapan ikrar keluarga asuh itu, dalam acara renungan suci taruna Akmil yang meliputi tingkat II, III, dan IV pada Sabtu (13/9/2014) malam di puncak gunung yang terletak di tengah Kota Magelang tersebut.

Ikrar itu, kata dia, terutama untuk para taruna dan taruni baru, yang bergabung dalam pendidikan calon perwira TNI di Akmil.

“Karena tugas saudara asuh dan para kakak asuh sendiri adalah membantu para adik-adik asuhnya dalam segala hal yang baik,” katanya.

Kegiatan itu, katanya, juga menjadi tradisi Akmil dalam mempererat tali persaudaraan antara senior dan junior sehingga kehidupan korps taruna Akademi Militer dapat harmonis.

Ikrar yang mereka ucapkan meliputi tiga poin, yakni tidak melakukan kekerasan baik dengan taruna dan taruni sesama tingkatan maupun dengan mereka yang junior.

Selain itu, mereka bertekad menjadi taruna dan taruni yang disiplin dan mematuhi aturan, serta belajar dan berlatih dengan serius agar menjadi perwira yang militan dan bisa diandalkan dalam berbagai penugasan pada masa mendatang.

Setelah para taruna dan taruni mengucapkan ikrar tersebut, kemudian mereka secara bergantian menjalani prosesi yang bernama “Penciuman Pusara Akmil”.

Sebelum pembacaan ikrar itu, selama sehari mereka melaksanakan rangkaian kegiatan yang terkait dengan hubungan keluarga asuh, antara lain apel, halang rintang, tarik tambang, navigasi dan makan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya