SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan Kaesang Pangarep menemui wartawan setelah prosesi siraman jelang pernikahan Kaesang di Sumber Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SLEMAN — Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta bakal digunakan sebagai lokasi akad nikah Erina Gudono dan Kaesang Pangarep, Sabtu (9/12/2022).

Kaesang bakal menaiki kereta kuda di prosesi akad besok. General Manager Royal Ambarrukmo, Herman Courbois menjelaskan putra bungsu presiden bakal menaiki kereta kuda. Kaesang akan menaiki kereta kuda setelah prosesi akad nikah yang digelar di Pendapa Ageng, Royal Ambarrukma Plaza.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setelah akad nikah, nanti ganti baju, baru dia datang lagi naik kereta kuda,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (9/12/2022).

Sementara, untuk transportasi tamu, kata Herman, masing masing akan pakai mobil sendiri. Sementara, untuk rombongan keluarga menggunakan bus.

“Masing-masing tamu pakai mobil sendiri, Karena kebanyakan ini dari keluarga, keluarga didropkan pakai bus, kemudian tamu-tamu lainnya pakai mobil sendiri,” kata dia.

Baca juga: Kaesang Pangarep Menikah, 15.000 Relawan Pendukung Jokowi bakal Banjiri Solo

Untuk lokasi parkir akan disediakan oleh pihak hotel. Herman mengatakan telah menyediakan parkir khusus bagi para tamu. “Hotel punya parkir yang cukup luas, terus kami punya mal yang disebelahnya, di sana saya bloking untuk parkir tamu-tamu kami,” jelas Herman.

Sementara, Erina Gudono memberikan hampers sebanyak 54 paket bridesmaid yang akan menemani selama prosesi pernikahan.

Pemilik produk hampers bridesmaid, Novika mengatakan ada bermacam-macam isinya. Mulai dari prafume, diffuser, gelas dan hibicus tea, serta dua kain untuk para bridesmaid. Dua kain tersebut untuk akad dan resepsi.

“Ada yang warna pink dan warga keungu-unguan. Untuk warnanya semuanya dari mbak Erina sudah dikasih detailnya,” jelas dia.

Novika mengatakan Erina ingin isian bisa bermanfaat bagi para bridesmaid. Rencana hampers untuk bridesmaid Erina sudah masuk sejak Agustus lalu.

Baca juga: Potret Jokowi Pasang Bleketepe Awali Prosesi Siraman Nikahan Kaesang di Solo

Untuk satu box nya, kata Novika, dibanderol dengan harga Rp350.000 kualitas premium. Akun Instagram toko hampers milik Novika bernama @priscanara.id

Sbeelumnya diberitakan, demi mengantisipasi kemacetan dan gangguan lainnya, tamu hotel di luar tamu undangan pernikahan diminta untuk datang ke hotel di atas pukul 15.00 WIB. Hal itu disampaikan oleh General Manager Royal Ambarrukmo, Herman Courbois, Jumat (9/12/2022).

“Besok mungkin ada sedikit macet gangguan di jalan. Chek in time hotelnya juga di atas jam tiga, kita koordinasikan dengan tamu hotelnya kalau mau chek in hotel pukul 17.00 WIB atau 18.00 WIB,” kata dia.

Herman menjelaskan semua persiapan sudah hampir matang. ”

Persiapan sudah hampir matang, paling tinggal finishing  saja dari dekor. Habis ini, kalau dekor sudah beres, saya bisa mencleankan membersihkan pendapa. Besok [Sabtu] siap tayang,” kata dia.

Baca juga: Tidak Kuat, Presiden Jokowi Gendong Kaesang secara Simbolis seusai Siraman 

Jumlah tamu dalam acara akad nikah Sabtu besok sekitar 150 orang. Semua tamu, kata Herman, wajib membawa barcode yang sudah dilampirkan di dalam undangan.

“Tamu yang datang sudah teregistrasi, sudah terdaftar. Dan oleh panitia dimonitor. Betul, pakai barcode,” kata Herman.

Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dipastikan menjadi saksi akad nikah tersebut.

Hal itu disampaikan langsung Mensesneg Pratikno saat ditemui di kediaman Erina Gudono, Jumat. “Iya rencananya begitu, saya dan pak Basuki [Basuki Hadimuljono],” kata dia, Jumat (9/12/2022).

Pratikno bersama istrinya menghadiri prosesi siraman Erina pada Jumat pagi. Sang istri, Siti Faridah Pratikno, turut menyiramkan air kepada Erina. Pratikno mengaku senang bisa dilibatkan dalam prosesi siraman keluarga Erina tersebut. “Senang juga, dianggap keluarga oleh Ibu Gudono,” kata dia.

Baca juga: Selain Parang, Batik Motif Slobog juga Wajib Dihindari Tamu Pernikahan Kaesang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya