SOLOPOS.COM - Mahasiswa gabungan dari berbagai universitas se-Soloraya berunjuk rasa terkait penutupan PT RUM di area bundaran Kartasura, Sukoharjo, Selasa (6/3/2018). Unjuk rasa tersebut sekaligus aksi solidaritas kasus penangkapan tiga aktivis mahasiswa pada beberapa waktu lalu. (Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

AJI Solo & PPMI diskusi bahas isu lingkungan termasuk PT RUM.

Solopos.com, SOLO—Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Solo bersama Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Solo bakal menggelar diskusi publik bertajuk Media dan Isu Lingkungan Hidup di Sekretariat AJI Solo, Jl. Srikatan II RT 002/RW 008 Gremet Manahan, Solo, Rabu (21/3/2018) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan tersebut merespons problem lingkungan yang belakangan marak di Soloraya, termasuk kasus PT Rayon Utama Makmur (RUM) di Sukoharjo.

Ketua AJI Solo, Adib Muttaqin Asfar, mengatakan media memiliki peranan penting dalam mendorong penyelesaian konflik lingkungan lewat pemberitaan yang solutif dan menciptakan iklim dialogis. Oleh karena itu, media dituntut jernih dan berimbang dalam melihat fenomena pencemaran lingkungan seperti yang belum lama dilakukan PT RUM. (Baca Juga: AJI Solo Desak Penghentian Penggunaan Uang Negara di Perayaan HPN)

“Media harus terus menyuarakan kebenaran dengan tetap berpijak pada kaidah jurnalistik. Jangan sampai media justru ditarik-tarik pihak tertentu hingga mengorbankan kepentingan publik yang lebih luas,” ujar Adib dalam pernyataan rilisnya, Selasa (20/3/2018).

Diskusi menghadirkan aktivis Sukoharjo Melawan Racun (Samar) Ardan dan Ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi HMI Solo Afzal Nur Iman. Panitia mengundang jurnalis dan anggota pers mahasiswa di Soloraya, pemerhati isu lingkungan hidup, akademisi serta masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya