SOLOPOS.COM - Pemain Celtic Charlie Mulgrew menerjang Kolbeinn Sigthorsson dari Ajax. (JIBI/Rtr/Russell Cheyne)

Solopos.com, GLASGOW — Bertandang ke markas Celtic, Ajax Amsterdam menelan kekalahan 1-2 pada matchday III Liga Champions. Dengan hasil tersebut, De Amsterdammers pun jadi juru kunci Grup H.

Ajax baru mengoleksi satu poin hasil dari imbang 1-1 melawan AC Milan pada matchday II. Sebelumnya, mereka kalah 0-4 dari Barcelona pada matchday I yang berlangsung di Camp Nou.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Sementara itu, Celtic memetik poin penuh pertama berkat kemenangan ini. Sebelumnya, mereka kalah 0-2 dari Milan dan kalah 0-1 dari Barca. Ajax kini duduk di urutan empat Grup H dengan nilai 1. Sementara Celtic berada di urutan ketiga dengan nilai 3.

Pada laga di Celtic Park, Rabu (23/10/2013) dinihari WIB, seperti dilansir detiksport, kemenangan Celtic ditentukan lewat gol-gol James Forrest di menit ke-43 dan Beram Kayal di menit ke-54. Sementara Ajax membalas lewat Lasse Schoene pada menit 90+4.

Ajax sebenarnya tidak tampil buruk. Tim besutan Frank de Boer ini bahkan tampil sedikit dominan dalam hal penguasaan bola. Mereka menguasai ball possession hingga 59%.

Siem de Jong dkk. juga lebih banyak menciptakan attempts ketimbang tuan rumah. Ajax melepaskan 15 attempts (9 on target), sementara Celtic memiliki 10 attempts (7 on target).

Kiper Celtic, Fraser Forster, tampil apik. Dia beberapa kali menggagalkan peluang-peluang yang dimiliki pemain Ajax. Tercatat, Forster melakukan 8 penyelamatan sepanjang laga.

Celtic unggul pada menit ke-43 lewat tendangan penalti yang dieksekusi oleh James Forrest. Penalti itu sendiri diberikan setelah bek Ajax, Stefano Denswil, melakukan pelanggaran terhadap Anthony Stokes.

Celtic memperbesar keunggulannya lewat Kayal di menit ke-53. Tendangan Kayal dari luar kotak penalti sempat mengenai pemain lawan sebelum akhirnya masuk ke gawang yang dikawal Jasper Cillessenetelahnya, Ajax mendapatkan dua kesempatan lewat Ricardo Van Rhijn dan Kolbeinn Sigthorsson. Namun, tendangan Van Rhijn dan Sigthorsson masih melenceng di sisi gawang Celtic.

Celtic kemudian bermain dengan 10 orang setelah Nir Biton dikartu merah. Biton dikeluarkan dari lapangan lantaran melakukan pelanggaran keras terhadap Thulani Serero.

Tim tamu baru bisa mencetak gol di injury time babak kedua. Setelah mendapatkan operan dari Serero, Schoene melepaskan tendangan ke arah pojok atas gawang Celtic dari luar kotak penalti. Forster pun hanya bisa terpana melihat tendangan Schoene masuk ke dalam gawangnya. (JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya