SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan menggelar Diplomacy Festival atau yang disingkat Diplofest di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis-Jumat (29-30/8/2019).

Kegiatan yang menggandeng sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Semarang dan Salatiga itu digelar sebagai upaya Kemenlu mengenalkan dunia diplomasi dan hubungan internasional kepada masyarakat, terutama generasi muda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kegiatan seperti ini sudah digelar di banyak kota besar di Indonesia. Tujuannya tak lain untuk menginspirasi generasi muda, khususnya mahasiswa dan pelajar agar menjadi bagian diplomasi Indonesia,” ujar Direktur Informasi dan Media Kemenlu, Listiana Operananta, saat jumpa pers di Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Rabu (28/8/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Diplofest di Semarang ini merupakan yang keenam digelar Kemenlu sepanjang tahun ini. Sebelumnya, kegiatan serupa digelar di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Padang.

Di Semarang, Kemenlu menargetkan Diplofest bisa melibatkan lebih dari 20.000 peserta. Target itu mengacu pencapaian peserta di kota lain, seperti Makassar dan Bandung yang mencapai 14.000 peserta.

“Kami akan menyampaikan pemahaman lebih luas mengenai Kemenlu, termasuk apa saja yang dilakukan, tantangan, dan harapan. Untuk target peserta, kurang lebih sama seperti di Bandung dan Makassar yang mencapai 14.000 perserta. Syukur-syukur di Semarang lebih banyak, bisa mencapai 20.000 orang,” ujar Listiana.

Rangkaian kegiatan Diplofest akan dimulai Kamis ini dengan kuliah umum di enam universitas di Semarang dan Salatiga. Keenam universitas itu, yakni Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

“Narasumber yang akan dihadirkan merupakan pelaku diplomasi luar negeri dari Kemenlu. Tema yang diangkat pun beragam sesuai dengan bidang kerja narasumber,” katanya.

Puncak kegiatan kuliah umum adalah talkshow bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi, di Auditorium Prof. Soedarto Universitas Diponegoro, Jumat. Orang nomor satu di Kemlu itu akan menyampaikan tentang pencapaian-pencapaian diplomasi Indonesia dan berbagai informasi bagaimana generasi muda dapat terlibat dalam urusan politik luar negeri.

Selain kuliah umum, Diplofest juga akan dimeriahkan dengan acara festival yang digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jumat mulai pukul 10.00 WIB. Di festival ini, peserta akan disuguhi berbagai stan, seperti Area EduFair dan Area Softskill yang memberikan sensasi melakoni sidang yang diikuti para diplomat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya