SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pengemudi Gojek mengantar barang pesanan di GoMart. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

GO-JEK penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia mengajak anak muda Indonesia untuk membuat solusi permasalahan sehari hari

Harianjogja.com, JAKARTA – GO-JEK penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia mengajak anak muda Indonesia untuk membuat solusi permasalahan sehari hari berupa karya teknologi berbasis open source seperti aplikasi, tools, API atau library melalui GO-HACKATHON.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kompetisi hacking marathon tersebut memiliki tema utama #Karya Tanpa Batas dan terbagi menjadi tiga tema umum kompetisi yaitu mobility, data engineering dan infrastructure engineering.

Monica Oudang HR Director GO-JEK Indonesia mengatakan pihaknya percaya pemanfaatan teknologi akan memiliki dampak positif yang luas bagi pembangunan Indonesia. Pemanfaatan teknologi dapat menawarkan solusi atas permasalahan sehari-hari atau memberdayakan sektor informal.

“Dengan memanfaatkan teknologi kita dapat menuju Indonesia yang lebih baik. Oleh karena itulah kami menggelar GO-HACKATHON. Melalui kompeti sini, kami yakin akan lahir karya teknologi dari the best minds in Indonesia yang dapat mendukung atau bahkan mengakselerasi pembangunan bangsa,” katanya, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (3/2/2017).

GO-JEK, kata Monica, berharap dengan penyelenggaraan GO-HACKATHON, sector teknologi di Indonesia dapat berkembang menjadi lebih pesat. “Sebagai perusahaan teknologi, kami berkomitmen untuk mendukung pengembangan ekosistem sector teknologi di Indonesia. Kami punya mimpi untuk membantu membawa sector teknologi Indonesia ke peta dunia,” tambahnya.

Dengan tema utama #KaryaTanpaBatas diharapkan para anak muda dan penggiat teknologi terutama developer dan engineer Indonesia bisa mengeksplorasi berbagai kemungkinan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat saat ini.

Lebih lanjut, Bherly Novrandy, Tech Lead GO-JEK menambahkan guna membantu para peserta tema utama tersebut, pihaknya membagi menjadi tiga kategori umum yaitu mobility, data engineering dan infrastructure engineering.

“Para peserta tidak harus terikat dengan salah satu kategori, mereka bisa menggabungkan beberapa kategori,” katanya.

Kompetisi hacking marathon yang pertama kali diselenggarakan oleh GO-JEK ini akan memperebutkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp120 Juta. Selain itu, para pemenang kedua akan mendapatkan Macbook Pro untuk setiap anggota tim dan pemenang ketiga akan mendapatkan Google Pixel untuk setiap anggota tim.

Guna mengikuti kompetisi ini, para calon peserta bias mendaftar dan mengumpulkan ide dan coding test yang akan dikembangkan di https://www.hackerearth.com/sprints/go-hackathon/.

Periode pendaftaraan dan pengumpulan dibuka mulai dari tanggal 03 Februari – 10 Maret 2017. Setelah itu, setiap ide yang masuk akan dinilai  oleh dewan juri, dan akan dipilih 30-35 finalis. Pengumuman finalis akan dilakukan pada 17 Maret 2017.

Para finalis tersebut kemudian harus mengimplementasikan ide mereka dalam 24 jam pada babak final GO-HACKATHON yang akan digelar pada 25-26 Maret 2017 di Jakarta. Lima tim dengan karya terbaik akan memiliki kesempatan untuk mempresentasikan karyanya pada saat babak final.

Ide dancoding test yang sudah masuk tersebut akan dinilai oleh tim dewan juri yang terdiri dari Nadiem Makarim – Chief Executive Officer GO-JEK, Sheran Gunasekera – Chief Technology Officer GO-JEK,  Ajey Gore – Chief Information Security Officer GO-JEK dan Tim Tech Lead GO-JEK.

Kategori penilaian dari GO-HACKATHON meliputi orisinalitas (originality), kegunaan dan dampak (usefulness and impact), dan kelengkapan (completeness). Kompetisi ini bias diikuti oleh individu atau tim dengan jumlah maksimal 3 anggota.

Untuk mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai GO-HACKATHON, para anak muda atau penggiat teknologi Indonesia bisa mengunjungi https://www.hackerearth.com/sprints/go-hackathon/atau mengirimkan email ke go-hackathon2017@go-jek.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya