Airpods Lebih Bahaya dari Earphone, Kok Bisa?
Airpods. (Apple.com)

Solopos.com, SOLO – Airpods yang saat ini sedang tren dan biasanya dipakai mendengarkan musik diklaim lebih bahaya dari earphone. Tahukah Anda apa yang membuat penggunaan airpods berbahaya?

Airpods merupakan sepasang earphone tanpa kabel yang diproduksi Apple. Dikutip dari Wikipedia Kamis (13/2/2020), airpods resmi dipasarkan pada Desember 2016 seharga US$159 atau sekitar Rp2,1 juta.

Pesona Model Seksi Jihane Almira Wakil Jateng di Puteri Indonesia 2020

Praktis dan memiliki kelebihan dibandingkan earphone membuat airpods banyak diminati sampai sekarang. Tapi tahukah Anda ternyata airpods juga dapat menimbulkan bahaya bagi penggunanya?

Dikutip dari Men’s Health Magazine, Jerry Philips, seorang Profesor Biokimia dari Universty of Colorado di Amerika Serikat, menyakini earphone nirkabel tidak seaman yang dipikirkan banyak orang.

Jerry Philips juga khawatir penempatan airpods di saluran telinga dapat membuat jaringan di kepala terpapar radiasi frekuensi radio yang relatif tinggi. Sehingga berdampak pada fungsi sel yang kemudian menyebabkan tumor atau gangguan kesehatan lainnya.

Soimah Pakai Jimat Demi Populer?

Sementara itu, Dr Moskowitz, seorang Profesor Kesehatan Masyarakat dari University of California, Berkeley, di California, Amerika Serikat, yang berfokus pada paparan ponsel, mengatakan belum ada penelitian yang dilakukan terhadap otak pengguna airpods. Meski demikian, dia tidak menganjurkan penggunaan airpods.

“Bahkan belum ada penelitian tentang apa yang dapat dilakukan terhadap otak, apalagi regulasi untuk membatasi efek potensial. Tapi saya tidak bisa membayangkan itu semua bagus untukmu," katanya.

Kokoh! Jembatan Kayu Balong Peninggalan Belanda di Wonogiri Kuat Digilas Truk

Dikutip dari Efendershield.com, selain berbahaya bagi kesehatan, airpods juga dapat mencemari lingkungan. Airpods terbuat dari kombinasi elemen yang dibuat 13,8 miliar tahun yang lalu.

Manusia modern kemudian mengubah elemen itu menjadi airpods seperti yang kita lihat sekarang ini. Airpods akan sulit terurai karena cangkang plastiknya membutuhkan waktu 1.000 tahun untuk terurai di tempat pembuangan sampah. (Ria Sari Febrianti/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho