SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA–Tentara Nasional Indonesia (TNI) menerima dua pesawat Airbus Military C295 yang telah dipesan sejak Februari lalu.

Pesawat itu merupakan pengiriman pertama dari sembilan pesawat yang dipesan Kementerian Pertahanan.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Serah terima pengiriman berlangsung di lini perakitan akhir pesawat C295, yakni di Airbus Military San Pablo, Seville. Hadir dalam acara itu Wakil Menteri Pertahanan Indonesia Sjafrie Sjamsoeddin dan Airbus Military Vice President Head of Programmes Light & Medium and Derivatives, Rafael Tentor.

Pesawat yang juga dikenal sebagai CN295 ini akan dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara. Pesawat CN295 akan melakoni berbagai peran baik dalam bentuk layanan militer, logistik, serta misi evakusi kemanusiaan dan medis di seluruh wilayah Indonesia yang mencakup sekitar 17.000 pulau.

Penyerahan pesawat kesembilan dan yang terakhir direncanakan akan dilakukan pada musim panas tahun 2014. Menurut Rafael Tentor,pengiriman pesawat C295 ini merupakan langkah penting bagi kerjasama antara Airbus Military dengan industri penerbangan Indonesia.

“Tentunya kami sangat berharap untuk dapat meningkatkan kerjasama ini di tahun yang akan datang,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (21/9/2012).

Hingga kini, Airbus Military telah menjual 114 buah pesawat C295. Setelah memasuki masa layanan, terhitung 88 buah pesawat C295 akan siap beroperasi di 15 negara di dunia.

Pesawat C295 generasi baru adalah pesawat ideal bagi misi pertahanan dan sipil yang menguntungkan bagi kepentingan masyarakat, seperti aksi kemanusiaan, patroli maritim, dan misi pengamanan lingkungan.

Pesawat ini diklaim memiliki ketahanan, kehandalan, dan sistem yang sederhana, sehingga dikategorikan pesawat yang serba guna dan menyediakan fleksibilitas tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya