SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe)

Harianjogja.com, JOGJA—AirAsia berencana menambah frekuensi penerbangan dari Bandara Adisucipto, Jogja ke Bandara Ngurah Rai, Denpasar dari tujuh kali per minggu menjadi 14 kali per minggu.

Communication Manager PT Indonesia AirAsia, Audrey Progastama Petriny menuturkan saat ini Grup Air Asia di DIY melayani dua rute domestik ke Jakarta dan Denpasar serta dua rute internasional menuju Singapura dan Kuala Lumpur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Total, frekuensi penerbangan AirAsia menggunakan armada Airbus A320 yang berkapasitas 180 kursi ialah 56 penerbangan tiap minggu.

“AirAsia berencana untuk meningkatkan rute Denpasar – Jogja dari 7 kali menjadi 14 kali per minggu mulai Desember 2013,” jelasnya kepada Harian Jogja akhir pekan lalu.

Total frekuensi penerbangan AirAsia dari Jogja meningkat menjadi 63 kali penerbangan per minggu. Penambahan penerbangan ini dilakukan lantaran jumlah permintaan dari kedua daerah ini terus mengalami peningkatan.

Kendati demikian, penerbangan terpadat tetap didominasi permintaan tujuan Jakarta-Jogja dengan intensitas 28 kali per minggu. Sementara rute internasional terpadat untuk rute Jogja-Kuala Lumpur yang terjadwal 14 kali per minggu.

Tingginya permintaan penerbangan ke Kuala Lumpur, kata dia, mayoritas didominasi keperluan berlibur. Selanjutnya baru diikuti kepentingan pekerjaan atau bisnis.

“Rute Kuala Lumpur gemuk karena penumpang AirAsia adalah penumpang fly-thru atau penerbangan lanjutan menuju berbagai destinasi di kawasan Asia Pasifik seperti Thailand, Vietnam, China, Jepang, India, maupun Australia,” terang dia.

Sementara penerbangan ke Singapura terjadwal tujuh kali per minggu. Banyaknya objek wisata di Singapura dinilainya menjadi penyebab warga DIY tertarik berkunjung ke negara tersebut.

“Selain lokasinya yang strategis, Singapura merupakan destinasi yang terkenal dengan wisata belanja, kuliner, dan taman permainan berkelas dunia seperti Resort World Sentosa dan Universal Studio,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya