SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Anak-anak mandi bersama di Umbul Langse, Dukuh Lebak, Desa Nepen, Kecamatan Teras, Boyolali. Foto diambil pertengahan Mei 2011. (dok Solopos)

Boyolali  (Solopos.com)–Warga Dukuh Lebak, Desa Nepen, Kecamatan Teras, Boyolali akan menggelar tasyakuran pada Sabtu (24/9/2011) siang besok. Acara tasyukuran ini sebagai wujud syukur warga setempat atas melimpahnya air dari Umbul Langse.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebab, sejak enam tahun lalu umbul ini mati suri. Namun, beberapa bulan lalu umbul ini mulai mengeluarkan air.

“Syukuran ini adalah bentuk rasa terima kasih kepada Tuhan atas anugrah air yang melimpah bagi warga kami,” terang salah satu Tokoh Masyarakat setempat, Jarot saat ditemui wartawan, Jumat (23/9/2011).

Jarot menambahkan tasyakuran dimulai dengan digelarnya ritual pada Sabtu siang. Ritual dimulai dengan dihelatnya salawatan kemudian disusul dengan dawetan yaitu membagikan minuman dawet kepada warga.

Bentuk rasa syukur ini berlanjut selepas magrib. Warga lebih dulu mempersiapkan sesaji dan kenduri berupa ayam serta panganan hasil bumi lainnya. “Sesaji ini kemudian dilepaskan atau dilarungkan ke dalam Umbul Langse,” imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan tirakatan yang diikuti tokoh masyarakat, agama serta warga setempat. Menurutnya, tasyakuran ini berlanjut hingga Minggu (25/9/2011) malam.  Sebuah pergelaran wayang menghadirkan Ki Anom Suroto sebagai dalangnya dengan lakon Umbul Sari.

Lebih lanjut Jarot menerangkan banyak warga setempat yang sangat diuntungkan dengan keluarnya lagi air dari Umbul Langse. Sebab, sejak beberapa tahun lalu umbul ini tidak mengeluarkan air. Selain itu, ratusan petani baik dari Teras dan Sawit juga ikut mendapat berkah dari sumber air ini.

“Meskipun musim kemarau debit air tetap banyak dan masih bisa mencukupi kebutuhan penduduk,” tandasnya.

(rid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya