SOLOPOS.COM - AIR TERJUN--Air Terjun Binangun Watu Jadah yang terletak di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri. Foto diambil Sabtu, (31/12/2011). (Ayu Abriyani KP/JIBI/SOLOPOS)

Air Terjun Binangun Watu Jadah yang terletak di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri. Foto diambil, Sabtu (31/12/2011). (Ayu Abriyani KP/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI–Air Terjun Binangun Watu Jadah di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri dalam waktu dekat akan dibuka secara resmi untuk kawasan wisata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Jatipurno, Agus Sarmanto, mengatakan peresmian itu rencananya digabung dengan acara Gugah Desa Bupati Wonogiri. “Nanti, kami akan mengajak bupati ke lokasi air terjun di sela-sela acara gugah desa,” katanya, Selasa (19/6/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menambahkan, pengelolaan kawasan wisata air terjun itu akan dilakukan paguyuban desa wisata dan retribusinya masuk ke BUMDes untuk pengembangan desa dan lokasi wisata. Setelah dibuka secara resmi, pengunjung akan dikenai retribusi Rp3.000 per orang dan dari jumlah itu, Rp1.000 untuk biaya parkir. Saat ini, jumlah pengunjung dalam satu pekan mencapai sekitar 1.000 orang.

Pihak desa dan warga juga masih melakukan pelebaran jalan menuju air terjun tersebut. “Kami masih mengembangkan untuk gazebo dan bumi perkemahan. Juga jalur hiking yang merupakan jalur lama dengan berjalan kaki menuju air terjun dan wisata ritual,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga setempat rela melepas lahan mereka yang berjumlah total 3.000 meter tanpa dibayar. Padahal, jika dinominalkan, jumlahnya mencapai Rp54 juta. Hingga saat ini, warga juga masih terlibat dalam pengembangan kawasan air terjun yang dilakukan dengan kerja bakti. Ada sekitar 2.000 warga terlibat dalam kerjabakti yang diadakan mulai tanggal 31 Desember 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya