SOLOPOS.COM - Petugas BPBD Pasuruan melakukan evakuasi korban banjir. (detik.com)

Solopos.com, PASURUAN -- Banjir merendam sejumlah kecamatan di Kota Pasuruan pada Selasa (7/1/2020) malam. Sedikitnya ada tiga kecamatan yang mengalami banjir akibat meluapnya air sejumlah sungai setelah hujan deras mengguyur sejak Selasa siang hingga petang.

Kecamatan yang banjir yakni Gadingrejo, Bugulkidul, dan Purworejo. Ketiga kecamatan itu tergenang air karena luapan Sungai Petung, Sungai Welang, dan Sungai Gembong.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Sungai Petung menyebabkan banjir di sekitar Bigulkidul. Sementara Sungai Welang menyebabkan banjir di Dusun Karangasem, Kelurahan Karangketug, Gadingrejo. Sungai Gembong merendam kawasan Petamanan, Karangwingko, Kebonsari," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Samsul Hadi, Rabu (8/1/2020), seperti dilansir detik.com.

Sementara di wilayah Kabupaten Pasuruan banjir melanda Desa Kedawungkulon dan Kedawungwetan, Kecamatan Grati serta Desa Sadengrejo, Kecamatan Rejoso. Banjir di Desa Kedawungkulon paling parah, ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

"Untuk Desa Tambakrejo masih aman," kata anggota staf BPBD Kabupaten Pasuruan, Teguh Widodo.

Berdasarkan pantauan di lapangan baik di wilayah kota maupun kabupaten, selain banjir di pemukiman banyak terdapat genangan air di sejumlah ruas jalan. Kondisi ini diduga karena buruknya sistem drainase yang ada.

Semetara aparat dari BPBD, Tagana, TNI dan Polri tampak diterjunkan ke sejumlah lokasi untuk membantu korban banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya