Tutup Iklan

Air Kiriman dari Boyolali Masuk, Solo di Ambang Banjir

Air Kiriman dari Boyolali Masuk, Solo di Ambang Banjir

SOLOPOS.COM - Genangan air di Warung Pelem, Solo. (Istimewa)

Air kiriman dari Boyolali mulai masuk ke Solo melalui Kali Gajah Putih, sedangkan Pintu Air Demangan sudah ditutup. Solo pun di ambang banjir.

Solopos.com, SOLO — Hujan deras yang melanda Soloraya Minggu (2/10/2016) sore membuat Kota Solo di ambang banjir. Informasi yang diperoleh Solopos.com, kiriman air dari daerah Boyolali atau dari barat sudah mulai masuk ke kali-kali di Solo.

Kiriman air ini mulai masuk ke Kali Gajah Putih yang melintasi utara kawasan Fajar Indah, Solo. Pada Minggu petang, air terpantau sudah mencapai bibir jembatan kali di kawasan itu. Ketinggian air yang sama terpantau hingga di Kelurahan Sumber. Bahkan, laporan itu menyebutkan air sudah mulai masuk ke beberapa rumah.

Padahal, pada saat yang sama, Pintu Air Demangan, di Sangkrah, yang menjadi pembatas Kali Pepe dan Sungai Bengawan Solo, ditutup beberapa saat yang lalu. Penutupan pintu air Demangan mengakibatkan air di Sungai Pepe tidak dapat mengalir lancar. Padahal kondisi air di Sungai Pepe sudah hampir penuh. Baca juga: Pintu Air Demangan Ditutup, Kali Pepe Penuh.

Koordinator SAR Radio Antar-Penduduk Indonesia (Rapi) Solo, Bambang Ary Wibowo, mengatakan genangan yang terjadi di sejumlah lokasi Kota Solo akibat tingginya curah. Tingginya curah hujan tersebut mengakibatkan anak Sungai Bengawan Solo yang melintas di Kota Solo penuh.

“Kami memantau dua anak Sungai Bengawan Solo yakni Kalianyar dan Sungai Pepe hampir meluap, setelah turun hujan selama satu jam,” ujar Bambang saat dihubungi Solopos.com, Minggu (2/10/2016).

Bambang mengatakan akibat penuhnya sungai, air dari drainase di dalam Kota Solo yang mengarah langsung ke sungai tidak bisa mengalir lancar. Dampak terjadi genangan di mana-mana secara bersamaan di Kota Solo. “Kami mendapati genangan air di wilayah Monumen Pers sampai Solo Paragon mencapai 30 cm. Di Ketelan dan Manahan [Jl. Adi Sucipto] genangan air mencapai 50 cm,” kata dia.

Pantauan Solopos.com, berbagai ruas jalan utama di Kota Solo tertutup genangan. Beberapa rumah di Krajan, Kadipiro, sudah tergenang air. Sedangkan di Jl. Sumpah Pemuda, tepatnya di depan Kampus Unisri, jalan tertutup genangan air beberapa cm petang tadi. Begitu pula di kawasan Warung Pelem, yang tertutup genangan hampir setinggi lutut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.