SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Air bersih Solo, sejumlah warga di Losari, Semanggi, Pasar Kliwon, masih mengalami krisis air bersih.

Solopos.com, SOLO–PDAM Solo bertekad segera menyelesaikan masalah krisis air bersih yang menimpa ratusan keluarga di Kampung Losari, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo sejak Sabtu (3/9/2016) siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Urusan Air Minum Isi Ulang dan Tangki PDAM Solo, Emmron Rekso, menargetkan distribusi air bersih ke ratusan rumah warga di Kampung Losari bisa kembali normal mulai Kamis (8/9/2016).  PDAM tidak bisa seketika menyelesaikan masalah krisis air tersebut karena terlebih dahulu harus mencari tahu penyebab disribusi air macet. Menurut dia, banyak bagian pada saluran air di Semanggi yang harus dicek oleh petugas. Emmron mengakui petugas belum menemukan penyebab macetnya distribusi air ke Losari.

Ekspedisi Mudik 2024

“PDAM sudah mengerahkan petugas untuk mencari sumber masalah. Ada banyak proyek di Semanggi. Jadi kami juga mengecek saluran air di lokasi proyek itu. Jangan-jangan ada pipa bocor karena tidak sengaja terkena alat berat, misalnya. Sementara kami belum tahu kerusakan ada di mana. Kami akan cek terus. Dua hari ini kami targetkan masalah beres,” kata Emmron kepada Solopos.com, Rabu (7/9/2016).

Emmron meminta warga Losari untuk bersabar selama distribusi air bersih dari PDAM ke rumah belum normal. PDAM akan terus mengirim bantuan air bersih menggunakan mobil tangki selama distribusi air macet. PDAM siap memberikan air bersih secara cuma-cuma kepada warga sedikitnya dua tanki per hari. Dia menilai, volume air bersih dari PDAM tersebut tergolong cukup untuk memenuhi kebutuhan minum dan memasak warga Losari.

“Kami tidak menemukan masalah di sumber air. Stok air masih tersedia. Aliran air di daerah lain buktinya lancar-lancar saja. Kami menduga terjadi kerusakan saluran air di wilayah Semanggi sehingga membuat aliran air ke arah Losari macet. Kami upayakan penyebab masalah krisis air ini bisa segera ketemu. Apabila terjadi kerusakan saluran air, akan langsung kami perbaiki,” jelas Emmron.

Ditanya soal aduan masalah krisis air di wilayah lain, Emmron mengatakan, tidak ada. Menurut dia, hanya wilayah Kampung Losari yang mengalami krisis air karena masalah teknis. Emmron menjamin stok air di sumber air dalam kondisi aman. Dia mengungkapkan, baru kali ini PDAM menerima aduan dari warga Losari terkait distribusi air ke rumah dalam kondisi macet.

“Saya hampir tidak pernah mendengar aduan dari warga Losari soal distribusi air yang macet. Kebanyakan aduan berasal dari warga Mojosongo, Jebres yang berada di wilayah tanah tinggi. Distribusi air PDAM ke Mojosongo memang agak susah. Harus menggunakan booster pump.  Jadi, tidak mengalirnya air ke rumah warga di Semanggi kemungkinan besar karena adanya kerusakan saluran,” terang Emmron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya