SOLOPOS.COM - Warga dan relawan bergotong royong mengangkat batu untuk membenahi longsoran yang merusak jaringan pipa air bersih di Kawasan Sabo Dam Kalikuning, Plunyon, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Jumat (1/4/2016). (Foto istimewa)

Air bersih Sleman diantisipasi agar tidak terjadi kelangkaan pada 2017

Harianjgja.com, SLEMAN- Dibanding 10 tahun lalu (2006) debit air di Sleman saat ini turun antara 5-10%. Ini disebabkan lahan resapan air di lereng Merapi menyusut dan mata air banyak yang tertimbun material erupsi Merapi.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Kondisi tersebut sangat terasa ketika terjadi musim kemarau. “Pada 2017 mendatang, dimungkinan terjadi kemarau panjang. Ini akibat musim hujan tahun ini cukup panjang. Jadi perlu diantisipasi,” ujarnya, Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata, Minggu (13/11/2016)

PDAM Sleman sendiri optimistis, jika sarana SPAM di Kali Progo selesai dibangun 100% produksi air bersih akan melimpah. Tahun depan pihaknya akan menyambungkan 1.500 sambungan baru.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat ini, PDAM Sleman menggunakan air permukaan di Bedog dan Bendowo. Dua mata air di wilayah Kinahrejo, sumur dalam 10 titik, air permukaan dua titik, dan sumur dangkal 15 titik.

“Ini kami lakukan untuk memenuhi target dengan menambah sistem debit air. Kami menaikkan target pelanggan, dari 32.000 menjadi 36.000 pada 2017,” katanya.

Sementara itu, Plt Sekda DIY Rani Sjamsinarsi mengatakan sistem Bantar  salah satu instalasi SPAM Kartamantul yang akan memanfaatkan aliran Kali Progo. Pembangunan SPAM Regional Kartamantul tersebut adalah solusi masalah utama yang dialami PDAM di DIY. Padahal permintaan dan kebutuhan air bersih terutama untuk warga terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya