SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyaluran air bersih. (Burhan Aris N./JIBI/Solopos)

Air bersih diperluas jangkauannya dengan memasang 10 juta instalasi yang diprogramkan pemerintah.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah akan membantu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dengan memasang 10 juta sambungan instalasi air bersih untuk pelanggan baru.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Untuk membantu percepatan penambahan 10 juta sambungan rumah, kita akan bantu PDAM tapi dengan kriteria material, pipa, meterannya, fitting-nya mereka nanti menginstal sendiri untuk mencapai 10 juta sambungan rumah tambahan,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeldjono di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Basuki seusai rapat tentang PDAM dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres mengatakan saat ini pelayanan air bersih baru menjangkau sekitar 67 persen tapi perpipaan hanya 62 persen atau baru sekitar 50 juta jiwa.

Menurut Basuki, untuk 10 juta sambungan itu dibutuhkan minimal Rp80 triliun selama lima tahun ke depan.

“Kemen PU dan Perumahan Rakyat lima tahun ke depan punya Rp50 triliun baik untuk air baku maupun IPA dari SDA maupun Cipta Karya sehingga kekurangannya nanti akan selalu ditambahkan oleh Menteri Keuangan dan kami hanya ditugasi untuk pengadaan materialnya, membantu PDAM, pemda, dan untuk mereka yang mau instal sendiri,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya