SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyaluran air bersih. (Burhan Aris N./JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Lebih dari 40.000 rumah tangga di Kulonprogo belum menikmati air bersih. Akibatnya, kesehatan mereka pun terancam.

Fasilitas sarana air bersih dari Dinas Pekerjaan Umum Kulonprogo terkendala kondisi geografis serta keterbatasan dana. Kendati demikian, Dinas PU Kulonprogo menargetkan pada 2019, air bersih dapat diakses seluruh masyarakat sesuai target nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data yang dihimpun dari Dinas PU Kulonprogo menyebutkan, hingga 2013 baru 65% dari seluruh rumah tangga di Kulonprogo menikmati air bersih atau 75.000-an dari 116.000-an rumah tangga di Kulonprogo. Sisanya masih bergantung pada ketersediaan air seadanya.

Jika dilihat dari segi jumlah pengakses air bersih memang terdapat peningkatan jumlah rumah tangga yang menggunakan air bersih dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tercatat, pada 2011 hanya 66.000-an rumah tangga yang memiliki akses air bersih dan 2012 terdapat 68.000 rumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya