SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Air bersih Klaten sangat dibutuhkan warga Panggang Kemalang saat musim kemarau.

Solopos.com, KLATEN–Warga Panggang Kecamatan Kemalang mengharapkan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-96 juga dapat memecahkan persoalan pemenuhan kebutuhan air sehari-hari. Selama ini, warga Panggang mengaku selalu kesulitan memenuhi kebutuhan air.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana diketahui, Desa Panggang Kecamatan Kemalang merupakan daerah miskin air. Sering kali, warga membeli air senilai Rp110.000 per tangki. Air sebanyak 5.000 liter itu biasanya habis dalam waktu satu pekan. Kebutuhan air di Panggang diprediksi mengalami peningkatan saat berlangsung bulan puasa.

“Sebagai warga, kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran prajurit TNI. Kami berharap, dalam program ini [TMMD] juga dapat mencarikan solusi terkait bagaimana mengatasi kesulitan air di sini,” kata salah satu tokoh masyarakat di Panggang, Jasman, kepada Solopos.com, Sabtu (21/5/2016).

Kegiatan TMMD 2016 di Panggang menyentuh program fisik dan nonfisik. Kegiatan fisik, meliputi betonisasi jalan, perbaikan rumah tak layak hini, pembangunan jamban, dan perbaikan masjid. Sedangkan, program nonfisik, seperti penyuluhan ketahanan keluarga, ketahanan ekonomi keluarga berbasis pedesaan, antinarkoba, dan lain sebagainya. Sepanjang kegiatan tersebut, kegiatan TMMD di Panggang juga didukung Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Klaten yang menyuplai air sebanyak dua tangki per hari. Di sisi lain, Pemerintah Desa (Pemdes) Panggang berupaya membangun embung guna menyuplai ketersediaan air.

“Warga di sini memang sudah memimpikan adanya embung selama bertahun-tahun,” kata Kepala Desa (Kades) Panggang, Nandang Nuryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya