SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Air bersih Bantul dari PDAM akan bisa dinikmati warga di pesisir

Harianjogja.com, BANTUL– Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Bantul bakal memperluas jaringan air bersih hingga ke pesisir selatan. Sebagian kawasan pantai selatan mengalami krisis air bersih karena intrusi air laut ke air sumur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Utama (Dirut) PDAM Bantul Yudi Indarta mengatakan, perusahaannya telah memiliki jaringan air bersih di wilayah selatan meski tidak menaungi seluruh wilayah pesisir pantai. Jaringan yang telah ada itu kata dia dapat diperluas untuk menyuplai air bersih di wilayah pesisir.

Apalagi saat ini, krisis air bersih mengancam wilayah pesisir karena intrusi air laut sebagai akibat gelombang tinggi dan abrasi pantai selatan.

“Ke depan kami ingin pasok air bersih ke wilayah selatan. Sebenarnya sudah ada jaringan. Seperti di Jalan Samas sudah masuk, hanya saja tidak sampai ke pantainya,” ujar Yudi Indarta, Kamis (21/7/2016).

Menurutnya, perluasan jaringan PDAM sangat mungkin dilakukan. Apalagi kini telah terbentuk Satuan Kerja Pengembangan Kinerja Perusahaan Air Minum (PAM) DIY. Lembaga tersebut bertugas membantu PDAM di daerah untuk memperluas jaringan distribusi air.

“Dengan kejadian krisis air bersih di pesisir justru bisa menjadi dasar bagi kami untuk memperluas jaringan ke pantai selatan. Kami dapat mengajukan bantuan ke DIY,” tuturnya lagi.

Menurut Yudi, memasang jaringan air ke wilayah selatan relatif lebih mudah karena kondisi geografisnya tidak berbentuk perbukitan. Ke depan ia memastikan, pasokan air bersih tidak lagi menjadi masalah bagi PDAM untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Saat ini telah dibangun instalasi air bersih milik Pemerintah DIY di Kecamatan Sedayu. Instalasi air bersih itu akan membantu menyalurkan air ke sejumlah wilayah seperti Bantul, Kulonprogo dan Kota Jogja.

“Sumber airnya mengambil dari Sungai Progo,” lanjutnnya lagi. Debit air bersih tersebut mencapai 700 liter per detik.  Pasokan air bersih dapat dialirkan kepada 70.000 pelanggan di DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya