SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Air bah masih menggenangi sejumlah permukiman di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (5/12/2018), pascahujan deras yang terjadi Senin (3/12/2018). Di wilayah Kecamatan Genuk warga harus dibagi nasi bungkus demi mengurangi derita mereka.

Dari 13 kelurahan di Kecamatan Genuk, ada enam kelurahan yang terdampak banjir, yakni Trimulyo, Terboyo Wetan, Muktiharjo Lor, Gebangsari, Genuksari, dan sebagian Banjardowo. “Luar biasa banjir kali ini. Melihat situasi yang ada kemungkinan [banjir] dalam dua-tiga hari ke depan belum surut,” kata Kepala Kelurahan Genuk, Ali Muchtar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyebutkan wilayah Genuksari yang terdampak 80 persen, Terboyo Wetan 60%, Gebangsari sekitar 30%-40%, Banjardowo 20%-an, dan Muktiharjo Lor 50%. Ketinggian banjir yang terjadi di Genuk bervariasi, seperti di Kelurahan Trimulyo yang terdampak cukup parah dengan banjir yang tingginya menyamai lutut orang dewasa.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kecuali ada kebijakan dari Balai Besar Wilayah Sungai [BBWS] Pemali Juana kalau pompa di [Sungai] Sringin dihidupkan semua. Tetapi, hanya bisa diujicoba dua unit,” katanya.

Air yang menggenangi wilayah Genuk, kata dia, semestinya mengalir ke laut dengan jalur dari Sungai Sringin dan Sungai Tenggang yang pengerjaannya belum rampung. “Jalurnya kita [wilayah ini] ke laut hanya Kali Tenggang sama Sringin. Selama kegiatan di situ belum selesai, ya, masih seperti ini. Apalagi, musim hujan ternyata maju,” katanya.

Sungai Sringin sudah dibendung untuk penanggulangan rob sehingga jika terjadi banjir dibutuhkan pompa air untuk mengalirkannya ke laut, tetapi sementara ini belum bisa dilakukan. “Dari BBWS bilang elevasi ketinggian air laut dengan sungai perbedaannya hanya sedikit. Artinya, bendung sementara di Kali Sringin juga tidak bisa dibedah untuk mengalirkan air,” katanya.

Sejauh ini, Ali belum bisa menyebutkan secara detail jumlah warga di Kecamatan Genuk yang terdampak banjir tersebut, tetapi hampir seluruh warga terdampak. “Misalnya, [musim hujan] mundur di Januari [2019] saja aman karena target pompa pada akhir Desember ini selesai. Sekarang [banjir] karena pompanya belum jadi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya