Pengurus AIMI Madiun periode 2020-2025 dilantik, Minggu (19/1/2020). (Abdul Jalil-Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Madiun secara resmi telah terbentuk, Minggu (19/1/2020). Salah satu program prioritas AIMI Madiun adalah mendesak pemerintah dan perusahaan di Madiun supaya menyediakan ruang laktasi bagi ibu menyusui di tempat layanan umum.

Pelantikan pengurus AIMI Madiun periode 2020-2025 berlangsung di Atrium Sun City Mal Madiun, Minggu siang. Pengurus AIMI Madiun yang berjumlah 15 orang dilantik oleh Ketua AIMI Provinsi Jawa Timur, Diah Hernani.

Jabatan KEtua AIMI Madiun dipegang oleh Rony Tamba. “Sebenarnya AIMI cabang Madiun ini sudah lama kita angan-angan. Di AIMI Madiun itu memiliki tiga konselor berstandar 40 jam World Health Organization (WHO) serta konsultan laktasi,” jelas dia.

Ia menjelaskan selama ini di Madiun sudah ada dua komunitas ibu menyusui yaitu Paguyuban Ibu-ibu Menyusui Madiun (PIMM) dan Madiun Peduli ASI (MPA). Dua komunitas ini yang kemudian berkolaborasi untuk membentuk AIMI.

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya, mengatakan masih banyak ruang-ruang publik dan perusahaan di Kota Madiun yang belum menyediakan ruang laktasi. Bahkan, sebagian besar ruang pelayanan publik seperti kantor kelurahan dan kecamatan belum menyediakan ruang laktasi. Padahal penyediaan ruang laktasi merupakan amanat perundang-undangan yang harus dilaksanakan.

Beberapa tempat umum seperti mal dan stasiun maupun Balai Kota Madiun memang sudah ada ruang laktasi. Tetapi, pemanfaatan ruang laktasi itu belum maksimal. Bahkan beberapa ruang laktasi justru dijadikan gudang.

“Beberapa ruang laktasi yang sudah ada seperti di mal dan stasiun itu penggunaannya kurang maksimal. Masyarakat mungkin kurang tahu ada ruang laktasi,” kata Inda Raya yang menjadi penasihat AIMI Madiun.

Inda pun menilai selama ini keberadaan ruang laktasi hanya formalitas belaka. Tetapi, pemanfaatannya justru yang kurang.

Untuk itu, melalui AIMI akan ada sosialiasi secara massif terkait pemanfaatan ruang laktasi. Selain itu, AIMI juga akan mendesak perusahaan-perusahaan untuk menyediakan ruang laktasi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten