SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Puluhan pemuda di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), mengikuti parade di kawasan car free day (CFD) Jl. Slamet Riyadi, Solo, untuk menyosialisasikan Sustainable Development Goals (SGDs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan kepada masyarakat secara langsung, Minggu (28/4/2019) pagi. Parade itu bertajuk Walk for SDGs dan merupakan parade pemuda terbesar yang dilakukan AIESEC Indonesia.

Perlu diketahui, SDGs adalah program yang telah ditentukan PBB. Sedangkan AIESEC adalah kepanjangan dari Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales dan merupakan partner resmi PBB dalam mewujudkan SDGs dalam program Youth for Global Goals.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Parade Walk for SGDs di Solo melibatkan komunitas pemuda, influencer, dan AIESEC in Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Kegiatan ini juga merupakan dukungan AIESEC in UNS Solo maupun AIESEC Indonesia kepada pemerintah untuk mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Pada April ini, Walk for SDGs dilaksanakan secara serentak di lima kota yaitu di Solo, Bekasi, Jember, Purwokerto, dan Surabaya. Di Solo, Walk for SDGs yang diadakan AIESEC in UNS Solo menghadirkan Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintah Bapeda Solo Sumilir Wijayanti, Putri Solo 2018, Mbak Sukoharjo 2017 dan 2018, serta para proffesional dancer.

Jauh sebelum hari pelaksanaan parade, puluhan hingga ratusan pemuda juga telah menunjukkan dukungan secara digital dengan meramaikan hashtag atau tanda pagar (tagar) #AkuUntukSDGs di Instagram. Selain kampanye secara digital, AIESEC in UNS Solo juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan dengan komunitas pemuda sebagai pre-event Walk for SDGs.

Secara umum, Walk for SDGs dilakukan dengan berparade sambil menyosialisasikan SDGs dengan yel-yel khusus serta menginformasikan secara langsung kepada masyarakat tentang penerapan SDGs, baik di Solo maupun di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, AIESEC memilih sejumlah SDGs sebagai fokus, yaitu No Poverty, Quaity Education, Decent Work and Economic Growth, Gender Equality, serta Life on Land.

Setelah parade, berbagai influencer menyampaikan aspirasi mereka mengenai SDGs. Selain itu, juga dilaksanakan sejumah kuis dan permainan untuk memeriahkan kegiatan tersebut. Walk for SDGs ditutup dengan menandatangani banner sebagai wujud komitmen pemuda untuk menyukseskan implementasi SDGs hingga 2030.

Meskipun AIESEC in UNS Solo sebagai bagian AIESEC Indonesia telah menggelar Walk for SDGs dengan baik, namun gerakan ini belum berhenti. Pada September 2019, sejumlah kota lain akan turut menggelar Walk for SDGs.

Bagi yang ingin mengenal AIESEC dan kegiatan Walk for SDGs lebih dalam, bisa langsung menghubungi Assistant Public Relations Director AIESEC Indonesia, Anandhio Weiza, di nomor 085782253195 atau melalui alamat e-mail di anandhio.prashardika3@kaiesec.net.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya