SOLOPOS.COM - AIESEC in UNS sukses menyelenggarakan Impact Circle 6.0 yang didukung oleh Mandiri Sekuritas belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — AIESEC in UNS sukses menyelenggarakan Impact Circle 6.0 yang didukung oleh Mandiri Sekuritas, sebuah acara webinar yang berfokus pada tema Investment 101: Youth’s Financial Management in a Recession.

Acara yang diselenggarakan pada 6 Mei 2023 lalu itu mengumpulkan tokoh-tokoh terkemuka dari industri keuangan untuk mendidik dan memberikan pengetahuan penting kepada anak muda tentang cara mengelola keuangan mereka di masa-masa ekonomi yang sulit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para pembicara dalam acara ini adalah Putri Nabilah, Konsultan Pajak Junior di Artax dan Pemenang Ketiga Mahasiswa Berprestasi Universitas Airlangga 2022; Ari Seta Kurniawan, Pelatih di Bursa Efek Indonesia Jawa Tengah 2, dan Danang Andi Irawan, Penasihat MOST di Mandiri Sekuritas.

Para nara sumber membagikan pengalaman dan wawasan mereka mengenai strategi manajemen keuangan untuk mengurangi dampak resesi.

Ari Seta Kurniawan, menekankan pentingnya memahami dan menetapkan strategi dan tujuan keuangan.

“Kunci dalam menghadapi resesi, kita harus memahami dan menetapkan tujuan keuangan kita,” kata Ari.

Ia juga menjelaskan perlunya menyiapkan dana darurat, mengembangkan perencanaan keuangan, mengeksplorasi sumber pendapatan tambahan, dan meningkatkan kemampuan agar siap menghadapi resesi.

Danang Andi Irawan, dalam presentasinya, menyatakan, sebelum resesi tiba di Indonesia sebaiknya kita antisipasi dengan cara investasi.

“Tentunya investasi bentuknya bermacam-macam sesuai dengan profil masing-masing,” ujarnya.

Dia menyebutkan hubungan antara investasi dan resesi, dengan menjelaskan nilai dari berinvestasi di pasar modal sebagai alternatif dan pentingnya pengelolaan investasi berdasarkan tujuan keuangan individu.

Impact Circle 6.0 mencakup dua topik utama yang mendorong anak muda untuk memperoleh pemahaman menyeluruh tentang manajemen keuangan di tengah resesi. Topik-topik tersebut meliputi:

Menghadapi Resesi dengan Manajemen Keuangan

Acara ini membahas isu resesi 2023 dalam kondisi ekonomi global dan Indonesia. Penyebab resesi, seperti inflasi, pandemi Covid-19, dan kenaikan suku bunga, dianalisis secara mendalam.

Anak muda mempelajari strategi penting untuk mengelola keuangan mereka di tengah resesi, termasuk membuat rencana keuangan, membangun dana darurat, dan meningkatkan kemampuan pribadi. Dipaparkan pula, teknik manajemen keuangan yang efektif, seperti menetapkan tujuan keuangan, alokasi dana yang tepat, tabungan, dan investasi, juga dibahas.

Investasi Strategis selama Resesi

Investasi menjadi alat penting dalam manajemen keuangan sebagai persiapan terhadap dampak resesi. Delegasi diberikan pemahaman tentang berbagai instrumen investasi di pasar modal, seperti reksa dana, obligasi, dan saham.
Selain itu, mereka mendapatkan wawasan tentang strategi investasi selama resesi, seperti melakukan diversifikasi investasi berdasarkan tujuan keuangan individu dan memanfaatkan pasar modal sebagai alternatif terhadap aset nyata.

Kesuksesan Impact Circle 6.0 AIESEC in UNS juga didukung Mandori Sekuritas, OST by Mandiri Sekuritas, Solopos Media Group (SMG), dan IDX Bursa Efek Indonesia (BEI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya