SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY dan politikus Partai Gerindra Sandiaga Uno berpotensi muncul sebagai kuda hitam atau alternatif calon presiden atau capres yang tak terduga untuk Pilpres 2024. AHY-Sandiaga Uno sama-sama berusia muda dan keduanya memiliki kemiripan dalam menggunakan media sosial.

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) yang mengutip Tempo.co, menyebut AHY dan Sandiaga merupakan kontestan di Pilkada DKI Jakarta pada 2017. Saat itu, AHY merupakan kandidat Cagub, sementara Sandiaga menjadi Cawagub untuk Anies Baswedan yang akhirnya memenangkan pemilihan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seiring waktu, AHY yang kalah di Pilgub dan Sandiaga yang meninggalkan jabatan Wagub DKI Jakarta untuk maju di Pilpres 2019 bersama Prabowo Subianto, tetap aktif berselancar di media sosial. Salah satu kesamaan yang AHY-Sandiaga Uno adalah kerap memunculkan sosok keluarga dalam unggahannya.

Baca Juga: Serapan Anggaran Minim, Tak Usah Tambah Anggaran KPK!

Ekspedisi Mudik 2024

AHY yang merupakan anak dari Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa kali mengunggah sosok bapaknya di akun Instagram @agusyudhoyono. Namun pria kelahiran 10 Agustus 1978 itu lebih sering menunjukkan aktivitasnya bersama sang istri Annisa Pohan dan anak tunggalnya, Almira Tunggadewi Yudhoyono. Keduanya kerap diajak AHY dalam rangkaian kegiatan sebagai Ketua Partai Demokrat.

Hal tak jauh berbeda ditunjukkan oleh Sandiaga. Sang istri, Nur Asia Uno, juga kerap muncul di unggahan Instagram Sandiaga, @sandiuno.

Ketiga anaknya, Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, dan Sulaiman Saladdin Uno. Hanya saja, Atheera dan Amyra jarang muncul karena dijelaskan Sandiaga tengah menimba ilmu di Amerika Serikat.

Baca Juga: Ini Jadwal Siaran Langsung Euro 2020 & Stasiun Televisinya...

Tak hanya dari konten media, keduanya nampak melebarkan sayap ke platform Youtube, yang semakin digandrungi anak muda. Agus Harimurti muncul dengan akun bernama Agus Yudhoyono, sedangkan Sandiaga memperkenalkan akun Sandi Uno TV.

Konten keduanya tak jauh berbeda dengan Instagram, yakni kegiatan AHY sebagai ketua umum Demokrat dan aktivitas Sandiaga sebagai politikus Partai Gerindra.

Sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga bahkan lebih aktif di Sandiuno TV. Pria kelahiran 28 Juni 1969 kerap membuat siniar alias Podcast. Temanya beragam, mulai dari dunia usaha hingga beberapa isu yang ramai belakangan.

Baca Juga: Abdee Slank Komisaris Telkom Disambut Keriuhan di Twitter

Adapun AHY, terlihat lebih formal dan konservatif dibanding Sandiaga. Ia lebih banyak mengunggah pidato politik dan kegiatan kepartaian. Jumlah unggahannya pun tak banyak. Namun tercatat pasca drama konflik dualisme Partai Demokrat dua bulan lalu, jumlah unggahan AHY jauh meningkat.

Nama AHY dan Sandiaga Uno memang muncul di radar survei Capres 2024. Meski begitu, keduanya tak masuk dalam calon unggulan selama ini, yang biasa diisi oleh empat sosok, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil.

Meski begitu, dalam rilis survei Parameter Politik Indonesia (PPI) pada Sabtu, 5 Juni 2021, elektabilitas AHY meningkat drastis dari Februari hingga Mei 2021, dari 5,3 menjadi 7,0. Sandiaga Uno pun meningkat dari 4,1 menjadi 5,4.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya