SOLOPOS.COM - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama atau Ahok, menduga ada pihak-pihak yang tak suka pada dia. Isu soal instruksi gubernur terkait aturan pemotongan hewan kurban pun dipolitisasi sehingga diembuskan isu dia melarang pemotongan hewan kurban. Baca: Ahok Dituduh Larang Penyembelihan Hewan Kurban di SD.

“Yah kita lihat ya ada keuntungan politis, jadi keuntungan dagang saja dipolitisasi kayak hewan kurban,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/9/2014), dikutip Detik. Baca: Sebar Isu Ahok Larang Kurban di SD, Roy Suryo Dibully.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Ahok, dalam instruksi gubernur itu sebenarnya mengatur soal lokasi pemotongan hewan kurban dan lokasi penjualan hewan kurban.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kita punya Perda kan tidak boleh berjualan hewan kurban di trotoar atau jalan, maka kita siapkan tempat berjualan. Nah yang ribut siapa? orang yang biasa nyewain lapak buat jualan di trotoar, rezekinya hilang kalau kita sediakan tempat,” urai dia. “Kalau penjual hewan mah nggak masalah, cuma yang nyewain lapak saja, preman yang nyewain di pinggir jalan,” tutup dia.

Diberitakan sebelumnya, di dunia maya beredar isu ada pelarangan penyembelihan hewan kurban di sekolah dasar (SD). Ahok pun membantah melakukan pelarangan terhadap pemotongan hewan kurban. Ahok menilai ada yang sembarangan memainkan isu. Ahok mengatakan mustahil dirinya melarang umat Islam untuk beribadah.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo jadi salah satu yang heboh mendengar kabar ini. Politisi Partai Demokrat yang kerap beradu argumen dengan Ahok ini bahkan menyebut Ahok telah berlaku SARA. “Ahok Larang Potong Hewan Kurban,” kicau Roy Suryo sambil membagikan tautan artikel di Poskotanews.com dan sebuah forum internet yang sumber artikelnya dari akun kontroversial TM2000.

Saat Ahok melakukan klarifikasi, Roy Suryo justru menyebut Ahok telah menimbulkan keresahan. “Tweeps, Apapun Klarifikasi dari si Zhong Wan Xie alias Basuki Indra alias BTP alias AHOK, Sudah buat Resah Sekolah2,” kicaunya.

Sebelumnya beredar kabar Ahok melarang penyembelihan hewan korban. Di forum internet Kaskus, kabar ini sudah tersebar luas. Katanya, Pelarangan ini tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 67 tahun 2014 yang ditandatangani Wakil Gubernur Ahok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya